Bung Katamso,
Pertama kali saya kira MES itu = Mass Evacuation System. Ternyata Marine
Evacuation System. Paling enak ya lihat saja di YOUTUBE. Semua ada disana.
Paling nggak tahulah binatang apa MES itu. Soal sertifikasi ya terserah yg mau
merekrut. Semoga yang bisa dipermudah nggak malah dipersulit.
Terima kasih pencerahannya.