Maaf kawan2 ini cuma salah satu input saja.
Kalau dibilang ISPS tidak ada gunanya nyatanya banyak juga kapal yg bisa lolos
dari pembajakan.
contohnya update yg terakhir dari perusahaan saya (dlm bulan ini), karena
kesiapsiagaan para crewnya, pada saat pembajak mendekati sebuah kapal di teluk
Oman Captainnya cepat menghubungi armada koalisi sehingga helikopter angkatan
laut amerika berhasil melumpuhkan para perampok. Dan masih banyak lagi kapal2
yg sukses melewati teluk Aden dgn aman sedangkan yg diserang perampok itu hanya
beberapa kapal saja yg saya rasa prosedur ISPSnya tidak diterapkan.
Keselamatan diri kita tergantung pada kita sendiri. Mau mengikuti prosedur yg
dianjurkan atau tidak.
Tapi begitulah Melayu, malas untuk belajar nanti saat terjadi baru pada
mengeluh.