From: Laki laki Setengah Popeye <ftr...@yahoo.com.sg>
To: pelaut@yahoogroups.com
Sent: Sun, April 10, 2011 11:25:06 AM
Subject: RE: [pelaut] Sinar kudus ( Say No ..!! To pass Aden or Near By )

Semoga semuanya cepat berakhir..,Insa Allah.

Say No To Pass Aden...!!!

Klo mao di bilang "Takdir" itu adalah jawaban Terakhir. Tetapi Klo kita
sudah tahu sesuatu, kemudian terjadi....,itu juga pasti ada yang bilang
"Takdir".

Jadi...Apakah salah klo kita bilang " Say No To Pass Aden "

Money.....ehmmm, we can get at any time.. yang terpenting mao nyarinya.
Small or Big amount, that is no matter.Yang Penting masih bisa ngebul
tuh dapur.

<Share bad experience>

Morning Time, dapet email dari company. Bahwa kapal akan menuju "Kenya"
perbatasan dengan somalia. All crews yang di sponsori oleh Nakhoda,
menyampaikan keberatan kepada perusahaan untuk pergi ke "Kenya". But
tidak ada cara lain..."charter Party " sudah di deal. Tidak ada
pembatalan....So what gitu lho...?

Akhirnya..diputuskan, nakhoda untuk mengambil  tindakan yang di
perlukan.Sampai akhinya keputusan mengambil jalur kurang lebih 700
Nautical mile from coast ( 1300km).

Tapi dasar emang "Pirate from Somalia" actornya : Jhony Deplo (red: nama
boongan )..After running kurang 2 (dua ) hari at about jam 16:00 LT.
Jreeeeeng........." Mother boat" atau mirip dengan kapal Supply /
Ahts...terdeteksi di radar !!!  Remember 700 nautical mile from
coast....,The question is " What are they doing there..?"....

Di shoot lah pake Binocular 25x150m............" Wih.....Ngejar
bro!!!..." jarak waktu itu kira2 7nm", visibility clear, sea condition
slightly.

Panic lah kita semua.....

All crews mustered di anjungan..

All access door locked from inside ( sudah di siapkan sebelumnya....)

Dan apa yang kita lakukan selanjutnya.......

01. Nakhoda call ''DPA"..info.....and send msg to Imb pirate center.

02. Two officer ,pura-pura kontek " Colation war ship ". yang satu di Vhf
sebelah kiri dan yang satu lagi di Vhf sebelah kanan.

Kurang lebih begini lah bunyinya ..

Officer 1 : Colation warship....Colation warship...Colation warship...!!

               This is motor vessel danger 3x ( di sebut nama kapal
boongan, karena tahu 700 mile in vicinity gak ada kapal perang )

in position.....bla bla bla...

we require assistance , please send helicopter due to unsuspicious object
approaching us.

Di jawab lah sama officer 2.

Motor vessel danger...3x

This is colation warship..3x

Copied that...., please don be panic.....we are sending helicopter to your
position...

( Logatnya dibikin ala United Kinddom ).....He he he pengen ketawa tapi takut
juga bro!!!

Dan ini terus2an di lakukan.....( tunggu nasib baik )

Akhirnya singkat cerita....setelah kurang lebih 2(jam)
kejar2an.....,rupanya mereka menghentikan menghentikan pengejaran.
Mungkin maksudnya "Gue tunggu loe malem hari, gue akan luncurkan speed
boat".

Dan setelah menjelang gelap.....

Semua lampu2 navigasi kita matikan, dan lampu yang menyala hanya di dalam
messroom..selain itu di matikan.

Kaca2 or celah celah cahaya yang keluar semua di tutup...

Dan jadilah kapal waktu itu seperti menjelajah "Bermuda "...Masuk ke dunia lain.

Dan akhirnya Alhamdulillah, sampailah kita di kenya dengan aman.......

Setelah sandar.....ada kapal di belakang kita , sandar juga !!! tapi
Hullnya banyak bekas tembakan..plus Full of wire seperti siap2
menghadang demonstrasi di istana merdeka...

Menjelang siang received "safety net ".......exactly..... near by our
previous position....ada kapal passanger hijacked!!!!... (Turut
prihatin...dan gak tahu nasibnya gimana).

Jadi Apa lagi tindakan kita selain """" Say No To Pass Edan!!!

Atau Mungkin ada yang mao share pengalaman...!!!!

Note: We are not Rambo!!!!!!!....

Link down: semoga tetap tabah....Amin

http://us.detiknews.com/read/2011/04/10/022712/1612661/10/suami-disandera-perompak-istri-kapten-kapal-sinar-kudus-depresi

Yang gede gak mao receh pun jadi