Nanti aku muat di kompas sepulang dari...malaysia....jenis setan apalagi
ini.....?

Sent from my Nokia phone
-----Original Message-----
From: Arliandy Gabriel
Sent:  18/06/2011 10:13:40
Subject:  Bls: [pelaut] KTKLN -Laporan dari Ciracas (Pengalaman Saya)

Assalamualaikum Wr Wb.  Selamat pagi Bos (Para Pelaut n Manning Agents)....
Mohon Maaf Saya hanya ingin menambahkan info tentang KTKLN dengan Pelaut.
Kemarin Saya ikut memberangkatkan kawan ke Bandara Cengkareng Soekarno-Hatta,
dengan membawa bekal dokumen lengkap yang biasa dilakukan terdahulu tanpa KTKLN
Tidak Ada Permasalahan or Pertanyaan secuilpun dari ke-Imigrasi-an setempat
(Paspor yg telah tersign-on serta kartu pemberangkatan, Ticket
pemberangkatan, PKL yg di Cap Stempel asli dari Departement Perhubungan, Surat
Recomendasi dari Perusahaan yg memberangkatkan (Indonesia), dan Plus nyelipin
kertas berharga bergambar Otto Iskandar Dinata di dalam buku Paspor).
Alhamdulillah tidak ada masalah, Kami menunggu Kawan sampai berangkat tepatnya
0005LT WIB 18 Juni 2011 ke Kaohsiung melalui Hongkong.
Setelah itu Saya menuju ke Loket Pembuatan KTKLN dibawah (Arrival) Gate D-1
Terminal 2, berjumpa dengan 3 petugas dari Departemen Tenaga Kerja RI yang
mendapat mandat dari Menteri Depnaker bertugas membuatkan KTKLN bekera selama
24 dgn pergantian petugas setiap 12jam (2000~0800,0800~2000).

Percakapan yg mungkin menarik antara Saya dan 3 Petugas sbb;
Saya: Selamat Malam..... Saya ke Loket anda bermaksud.
         1. Membuat KTKLN sebagai warga negara RI (formal)
         2. Bolehkah Saya minta info mengenai KTKLN dari petugas yg benar2x
paham mengenai Pelaut~KTKLN sebab Saya ingin berdiskusi sedikit....?
3 Petugas : Selamat Malam.....
         1.  Mengenai poin pertama ada aturan dokumen2x yg harus dilengkapi
sesuai dengan brosur di depan loket kami,.............
              (Saya: kebetulan Saya sudah menyiapkan dokumen2x seperti
saatakan berangkat melalui Imigrasi, dgn tambahan Seaman Book).
         2.  Sedangkan poin kedua kami tidak begitu paham keseluruhannya sebab
kami hanya Mandat dari atasan...tapi mungkin ibu X mau membantu...
              tapi Sang Ibu buru2x ngacir ngeloyor keluar memberi kode kepada
anak buahnya (sepertinya mereka sangat takut dan belum Siap atau Paham untuk
diajak
              berdiskusi guna sosialisasimengenai KTKLN~Pelaut).
Saya: Kalau begitu mengenai poin kedua pembicaraan kita tidak perlu resmi ....
santai aza n off-record gmana ? sebab poin pertama saya mohon bantuannya dalam
         pembuatan KTKLN yg katanya "Gratis"....
3 Petugas : Mengenai poin pertama kita akan membantu sesuai Mandat dari atasan
kami... bapak mohon mengisi data2x terlebih dahulu di formulir pembuatan KTKLN
                 (nama, tempat tgl lahir, alamat, pekerjaan, nama Orang Tua
(Ibu/Bapak), Gaji/bln, lamanya bekerja, nama perusahaan, alamat kantor, no.Hp,
telp kantor, dll)
                 hanya selembar. Lalu di poto serta sidik jari tangan (jempol
saja) kiri-kanan sebanyak 2x. dan juga memperlihatkan KTP asli.
                 (saya mengamati waktu yg terpakai tidak lebih 5 menit)
                 Mengenai poin kedua kita hanya mendapat mandat untuk melayani
Setiap Warga Negara RI yg akan bekerja ke Luar-Negeri.... yg nantinya untuk
melindungi
                 Hak2x setiap Warga Negara RI yg akan bekerja ke Luar-Negeri
serta membantu jaminan Asuransinya (?)......
Saya:..... Kalau Penerbang bagaimana....?
3 Petugas: Harus-Nya punya juga..... tapi dari ke-Imigrasi-an memberi bebas
mereka.....
Saya:..... Lho kog lucu berarti prodak2x saat ini yg katanya telah dicetuskan
dari 2008 belum ter-Sosialisasikan atau keterkaitan antar seluruh Departemen yg
        berkaitan Doong....???
3 Petugas: kita sudah kog (antara yakin dan tak yakin)....
Saya:..... Kalau sudah .... kenapa contoh yg disebutkan tadi mengenai Penerbang
tdk menggunakan KTKLN... tdk ada hubungan jelas secara nyata antara Departemen
        Tenaga Kerja dengan Departemen Perhubungan serta ke Imigrasi-an....???
3 Petugas:.....????.....
Saya: ..............(.....kelemahan Pemerintah RI membuat aturan2x yg bersifat
sementara, bermanfaat saat mereka memegang jabatan dalam periode
itu....!?!?....)
3 Petugas: ....kartunya sudah jadi Pak...sebelum berangkat bapak nanti menuju
ke loket Validasi KTKLN dulu di lantai (Departure) sebelum Imigrasi...
terimakasih...
Saya:...... Terimakasih juga.... smoga burung Garuda lambang Negara kita tetap
tegak/gagah di Luar Negeri dan Bendera Merah Putih berkibar di Setiap Jiwa
Warga
        Negara Republik Indonesia..... selamat bekerja dan bertugas di
Pemerintahan RI untuk melayani masyarakat Warga Negara RI.....(sesuai sumpah
pegawai
        pemerintahan RI saat mengenakan seragam).....

Cerita di atas adalah cuplikan pengalaman Saya semalam saat mengurus KTKLN di
bandara Soekarno-Hatta, Smoga bermanfaat bagi yg membaca dan sebelumnya mohon
maaf bila ada kata2x yang tidak berkenan di hati pembaca...Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Arliandy Gabriel