Bung Jotham,
Apakabar ? Semoga email ini menemui anda dan semua rekan rekan Milis dalam
keadaan sehat walafiat. Maaf kalau saya sudah jarang muncul.
Kalau saya boleh berkomentar, dinegeri tercinta ini, baik Pelaut maupun Crewing
agent sama saja tidak terlindungi.Beruntung Pelaut yang mendapatkan Agent yg
baik dan beruntung juga Agent yang mendapatkan Pelaut yang baik.Dalam hubungan
Agent dan Principal pun ya sama saja.
Ada principal yang kalau untung nggak bagi bagi tapi kalau rugi Agent harus
nanggung alias feenya nggak dibayar.Agent dibuat bemper karena Agent yang
langsung berhubungan dengan Crew.
Banyak resiko yang sebetulnya umum dan bisa diasuransikan, sayang disini hal
itu tidak mudah. Perusahaan asuransi hanya melihat kalau uangnya besar.
Saat ini saya pikir kita harus lebih banyak merenung. Lihat saja di TV siapa yg
membodohi siapa ?  Bingung deh siapa yg bohong dan membohongi siapa.
Kalau misalnya saya hanya menuruti nafsu untuk membalas dendam Principal yang
nggak bayar rasanya rugi dua kali. Saya masih bersyukur urusan Crewnya beres,
soal saya nggak dibayar ya dinikmati saja. Daripada satres. berusaha nagih
udah. nggak dibayar ya wasalam.
Untuk rekan2 Pelaut yg sedang bermasalah saya turut mendoakan agar masalahnya
bisa selesai dan mendapat penyelesaian terbaik. Saya harap bisa menyikapi
permasalahannya dengan lebih arif.
Jadi bagaimana bagusnya ya ?
Pelautnya (saya yakin semua Pelaut disini pintar pintar dan mau terus belajar):
Sebaiknya Tahu bukan hanya hak haknya saja tetapi kewajibannya juga.
Crewing Agentnya juga ya jelas harus lebih pintar lagi dan memperhatikan
Pelautnya meskipun tentunya banyak keterbatasan sesuai komitmen Principalnya.
Intinya Pelaut dan Crewing Agent saling memerlukan. Ingat MLC2006: Peran
Crewing Agent dan/atau Sertifikat Manning akan sangat penting. Meskipun untuk
perusahaan Pelayaran sekalipun.
Kalau merasa KPI tidak bisa membela Pelaut kan tidak ada larangan untuk membuat
Serikat Pekerja yang sama. Silahkan saja. Hanya biasanya mudah mengatakan dan
sulit melaksanakan. Ini satu tantangan dan saya yakin diantara anda ada yang
bisa. Kenapa Tidak.
Saya cukup disini saja.Salam untuk semuanya.