itulah...saya jg nggak bs mikir, orang sekarang menghalalkan segala cara yg
penting dpt duit, mereka kira jd TKI/Pelaut itu enak kali ya...biar mereka
semua kualat

________________________________
Dari: awal arunde <awal_arunde2...@yahoo.com>
Kepada: "pelaut@yahoogroups.com" <pelaut@yahoogroups.com>
Dikirim: Rabu, 6 Juli 2011 5:38
Judul: [pelaut] Praktek percaloan di BNP2TKI (Pengurusan KTKLN) Cengkareng

Dear All,

Untuk kawan2 pelaut yang ingin mengurus KTKLN di Terminal II bandara
Cengkareng, berikut pengalaman yg saya alami pada hari ini 06 Juli 2011 saat
mengurus KTKLN.

    Saya menyerahkan Pasport, Buku Pelaut dan LG kepada petugas BNP2TKI
Cengkareng kemudian saya menunggu giliran untuk di wawancara. Setelah hampir
satu jam saya menunggu giliran untuk wawancara yg tak kunjung datang, saya
mengamati ada OKNUM2 yang saya duga adalah calo yg ikut pula mengurus KTKLN
yang tentunya bukan punya mereka dan seluruh dokumen yang melalui calo itu yang
di utamakan untuk di urus dan mereka bisa dengan mudah masuk ke ruangan BNP2TKI
sekaligus meminta kepada petugas BNP2TKI untuk mendahulukan orang2 yang mereka
urus.  Ada beberapa teman pelaut yang juga bermaksud mengurus KTKLN tetapi
mereka di tolak karena hanya membawa pasport dan buku pelaut, kemudian oleh
Oknum calo di tempat itu di tawari jasa pengurusan sebesar Rp.150.000/orang,
juga hal ini berlaku pada beberapa TKW yang saat itu mengurus KTKLN dan
akhirnya saya menarik kembali dokumen saya karena tidak kunjung di proses oleh
petugas BNP2TKI.
   Yang  ingin saya sampaikan di sini adalah "PRAKTEK KOTOR" yang terjadi,
walaupun Dokumen tidak lengkap tetapi kalo melalui calo urusan pasti beres
karena mereka sudah bekerja sama dengan petugas KTKLN, semoga hal ini menjadi
perhatian semua pihak yang terkait.

Salam Pelaut.

Capt. Awaludin R. Arunde M.Mar