Ok saya akan coba menaggapi satu persatu komentar dari rekan
rekan, pertama tama semua ini sekedar utk meningkatkan mutu &
bargaining  kita di pasar pelaut.
1.buat mas jumardy
Dalam industri offshore yg standard safetynya sangat tinggi
ygmana ini juga related dengan insurance yg ujung ujungnya duit juga, kalimat
anda yg  bunyinya “TIDAK ADA  SEORANGPUN YG MENGUASAI SEGALA HAL” ini sama
sekali tidak bisa diterima secara profesional  coba aja sampeyan NGELES dengan
kalimat
seperti itu waktu audit?????
Setau saya dikapal DP kan sebelum mulai set up DP console
nya di lokasi entar kapal kan masih terikat didermaga? Tul nggak?selama loading
material dan berlayar ke lokasi c/o ato master kudu tau kondisi stabilitas
kapalnya??tull nggak?dan setau saya kompany juga nggak menuntut master or c/o
tau segala hal ttg pelayaran, yg mereka mau ya c/o n master in charge ttg
keselamatan terutama stabilitas kapal, kalo yg laen lain kayak navigasi ada 2/O
, lsa n ffa kan ada GUA geng mualim 3 , 2/o & 3/o adalah bawahan c/o,
Kalo kapal akan engage DP kan musti isi cek list tuh? Saya
kira begitu juga kalo  mau berlayar ke
lokasi, kudu ada cek list nya , dan pasti ada tercantum stabilitas , jadi bisa
dikatakan secara prosedur  kapal kalo
tidak clear / diragukan cek listnya waktu berangkat ke lokasi berarti
kapal  SEMESTINYA tidak layak melakukan
operasi DP sebab safetynya meragukan.
ANDA TIDAK BISA MEMBANDING BANDINGKAN MASTER  & C/O SUDAH BAIK DENGAN DP LICENSE
DIBANDINGKAN DENGAN SAYA YG NGGAK PUNYA LICENSE DAN TIDAK BISA STABILITAS (
BUNG gaji gua n kontrak gua hanya bertanggung jawab masalah lsa n ffa)
Dalam safety tidak ada rumus seperti itu bung, dalam risk
asessment  tidak ada itu excuse
mengatakan “oh gpp master or c/o gak bisa itung Gm yg penting ada DP  ketimbang
3/O udah nggak bisa itung terus
nggak punya DP ) sampeyan berlayar di perusahaan bendera apa bung?
Dalam safety nggak ada excuse untuk LUPA,  proses pekerjaan di kapal jenis
appaun semua
saling terkait apalgi yg menyangkut safety...jadi jangan sesumbar kerja
dikapal  DP klas 9,5 tapi berlayar ke lokasi Cuma  modal restu mama, dulu DPO
itu bukan dari
pelaut orang darat yg disekolahkan, karena alasan duit n cost makanya pelaut
disuruh ambil juga  kursus 4 hari doang 2
kali.
Saya pernah lhat c/o dikapal sebelumnya buat perhitungan
cukup pake excel saja yg penting bisa tau GM sama draft , meskipun kelihatannya
tinggal isi isi kolom doang, tapi tetap harus buka tabel dan paham prinsip
dasar stabilitas, isi kolom berdasarkan LCG n VCF, TCG , kalo nggak tau dijamin
nggak bisa isi.

2. buat mas Marcelo
Apa hubungannya mas ijasah saya masih basah dengan yg saya
utarakan??senioritas ??makan tuh senioritas!!!!biarpun kamu udah berkarat
iasahmu kalo bawa kapal nggak selamat n membahayakan nyawa orang lain, itu
konyol bung!!!jangan pertaruhkan nyawa orang lain pake senioritas , apalagi
|BASIS!!! Puih!!!

saya tegaskan disni jangan bawa bawa isu senioritas or ijasah masih basah  n
kering???itu sangat tidak relefan,

buat yg tidak suka ( karena merasa nggak bisa itung ) segera lah belajar, sebab
malu juga geng kalo nggak bisa itung belum lagi kalo sampe kapal di off hire
gara gara tidak sea worthy, dan saya kira siapapun dikapal berhak tau kalo dia
selama tidur dikabin kapal dalam keadan safe tul nggak????

ayo tingkatkan mutu pelaut Indonesia

anggap ini adalah \Jamu rasanya pahit tapi menyehatkan gitu loh!!!!!!