Memang bung akbar pandai merangkai kata2,pelaut yang puitis walau cuma copy
paste,tapi sangat bermanfaat..bravo mas bro....

Dear pelaut yang budiman,
Tanpa mengurangi rasa hormat,saya sangat setuju dengan kritikan dari bung 3rd
mate Wanda yang telah menjelaskan dengan sangat tepat sasaran. karena memang
apa yang diutarakan beliau memang benar adanya.walau diungkapkan secara
kasar.saya copas dibawah ini :

"Dalam industri offshore yg standard safetynya sangat tinggi
yg mana ini juga related dengan insurance yg ujung ujungnya duit juga, kalimat
anda yg  bunyinya “TIDAK ADA  SEORANGPUN YG MENGUASAI SEGALA HAL” ini sama
sekali tidak bisa diterima secara profesional  coba aja sampeyan NGELES dengan
kalimat
seperti itu waktu audit?????
Setau saya dikapal DP kan sebelum mulai set up DP console
nya di lokasi entar kapal kan masih terikat didermaga? Tul nggak?selama loading
material dan berlayar ke lokasi c/o ato master kudu tau kondisi stabilitas
kapalnya??tull nggak?dan setau saya kompany juga nggak menuntut master or c/o
tau segala hal ttg pelayaran, yg mereka mau ya c/o n master in charge ttg
keselamatan terutama stabilitas kapal, kalo yg laen lain kayak navigasi ada 2/O
, lsa n ffa kan ada GUA geng mualim 3 , 2/o & 3/o adalah bawahan c/o,
Kalo kapal akan engage DP kan musti isi cek list tuh? Saya
kira begitu juga kalo  mau berlayar ke
lokasi, kudu ada cek list nya , dan pasti ada tercantum stabilitas , jadi bisa
dikatakan secara prosedur  kapal kalo
tidak clear / diragukan cek listnya waktu berangkat ke lokasi berarti
kapal  SEMESTINYA tidak layak melakukan
operasi DP sebab safetynya meragukan.
ANDA TIDAK BISA MEMBANDING BANDINGKAN MASTER  & C/O SUDAH BAIK DENGAN DP LICENSE
DIBANDINGKAN DENGAN SAYA YG NGGAK PUNYA LICENSE DAN TIDAK BISA STABILITAS (
BUNG gaji gua n kontrak gua hanya bertanggung jawab masalah lsa n ffa)
Dalam safety tidak ada rumus seperti itu bung, dalam risk
asessment  tidak ada itu excuse
mengatakan “oh gpp master or c/o gak bisa itung Gm yg penting ada DP  ketimbang
3/O udah nggak bisa itung terus
nggak punya DP ) sampeyan berlayar di perusahaan bendera apa bung?
Dalam safety nggak ada excuse untuk LUPA,  proses pekerjaan di kapal jenis
appaun semua
saling terkait apalgi yg menyangkut safety...jadi jangan sesumbar kerja
dikapal  DP klas 9,5 tapi berlayar ke lokasi Cuma  modal restu mama,
dulu DPO itu bukan dari
pelaut orang darat yg disekolahkan, karena alasan duit n cost makanya pelaut
disuruh ambil juga  kursus 4 hari doang 2
kali.
Saya pernah lhat c/o dikapal sebelumnya buat perhitungan
cukup pake excel saja yg penting bisa tau GM sama draft , meskipun kelihatannya
tinggal isi isi kolom doang, tapi tetap harus buka tabel dan paham prinsip
dasar stabilitas, isi kolom berdasarkan LCG n VCF, TCG , kalo nggak tau dijamin
nggak bisa isi.

2. buat mas Marcelo
Apa hubungannya mas ijasah saya masih basah dengan yg saya
utarakan??senioritas ??makan tuh senioritas!!!!biarpun kamu udah berkarat
iasahmu kalo bawa kapal nggak selamat n membahayakan nyawa orang lain, itu
konyol bung!!!jangan pertaruhkan nyawa orang lain pake senioritas , apalagi
|BASIS!!! Puih!!!

saya tegaskan disni jangan bawa bawa isu senioritas or ijasah masih basah  n
kering???itu sangat tidak relefan,

buat yg tidak suka ( karena merasa nggak bisa itung ) segera lah
belajar, sebab malu juga geng kalo nggak bisa itung belum lagi kalo
sampe kapal di off hire gara gara tidak sea worthy, dan saya kira
siapapun dikapal berhak tau kalo dia selama tidur dikabin kapal dalam
keadan safe tul nggak????

ayo tingkatkan mutu pelaut Indonesia

anggap ini adalah \Jamu rasanya pahit tapi menyehatkan gitu loh!!!!"

dari balasan tersebut sangatlah gamblang dan benar adanya, hanya satu yang
kurang tepat yaitu bahasa yang digunakan.

saya lihat masih banyak dari kita yang kurang bisa menghormati sesama pelaut di
milis ini...
jika memang ada seseorang yang mengkritik kita dan memang itu benar
adanya..tanggapilah dengan kepala dingin..dan resapilah lalu koreksi dan cari
solusi.Jika pn ada yang mau mengkritik gunakanlah bahasa yang sopan agar tidak
menyakiti orang yang kita kritik....

marilah kita benahi segala kekurangan,koreksi segala kritikan,saling hormat
menghormati sesama karena kita bangsa timur yang erat dengan budaya sopan
santun.Mohon maaf jika ada komen saya yang tidak berkenan.

jaya selalu pelaut merah putih.

Best Regards,
Pelaut yang Bukan Bang Toyib :-)