Pak ujang ngajar tuch, oiler tp pnya ijasah sarjana pendidikan, cape dech
ujung2nya sombong2 juga.....

From: Ujang Kardun <kardun...@gmail.com>
Sender: pelaut@yahoogroups.com
Date: Sat, 28 Jan 2012 18:56:29
To: <pelaut@yahoogroups.com>
Subject: Re: [pelaut] TEsTIMONI TRAINING KELISTRIKAN KAPAL

setuju pak Hasan.maaf saya tidak bermaksud merendahkan apalagi sombong,saya
hanya mengamati atasan2 saya (C/e,2/e,3/e)..mereka punya ijasah tinggi
tentu melewati pendidikan dan pengalaman,dibuktikan dengan mengikuti uji
kompetensi bukan?...
saya hanya seorang juru minyak punya ijasah dasar.tentu sangat beragam
penilaian sesorang terhadap orang lain,adalah hak saya untuk menilai
seseorang sesuai apa yang saya ketahui dan pahami.dan setiap orang pasti
berbeda.so maap lagi deh yaa..:-)..sorry Chief...;-) peace!

saya coba jawab ah..mudah2an bener nih..kalo salah mohon dikoreksi. buat
saya dan kawan2 engine rating yang laen thanks.:
 Kenapa star delta connection digunakan?..Star connection dipakai untuk
menghindari pemakaian daya yang sangat besar ketika starting awal.
ketika elmot dinyalakan,memerlukan 6 kali lebih besar dari arus ketika
beban penuh.
Pada motor yg besar hal ini menyebabkan turun tegangan (Voltage drop) pada
sistem kelistrikan,kalo di kapal bisa Black Out.
untuk menghindari hal ini dipakai lah star delta connection yg berfungsi
menurunkan starting current.
ada yang pake soft starter (autotransformer starter) atau mengunakan
resistor starter.Ketika Motor memakai Star connection yg terjadi adalah:
Tegangan diturunkan untuk setiap kumparan (1/ akar 3) dari tegangan yg
digunakan untuk setiap kumparan pada Delta.
Arus tiap kumparan diturunkan untuk setiap kumparan (1/akar3) dari arus
normal pada saat Delta
P watt = Vvolt x Iampere, maka: Pwatt Total ketika Star = ((V x (1/akar3)))
x ((IDelta x(1/akar3))) = PDelta x (1/3)
Total momen Star connection juga 1/3 lebih kecil dari Delta connection.
yang saya tau ni doang.. ini juga dikasih tau 3/e..:-) bukan
C/e...heheheh..kepanjangan..