Dear All Sahabat Pelaut Indonesia and Teman2 Sesama Manning Agency,

Baru aja ada crew kami yg brangkat Subuh ini
JOINING SHIP IN TOP URGENT To Singapore

Oleh Petugas Check in Ia dimintai:
Selain semua travel documents sprti LG, dll
Juga Dimintai SURAT PENGANTAR dari kami
( Krn terburu2,kami lupa Buatkan )

Sempat berdebat sedikit,
Petugas bilang, Ya ini ada kekurangan documentnya
Jadi "Atur gimana baiknya" (Artinya selesaikan pake duit aja)

Kami pesan; jangan pernah ngasih uang satu sen-pun!, dan liat,
apa mreka berani menahan utk tdk memberangkatkan ?
Karena surat yg mereka minta itu TDK ADA DASAR HUKUMNYA
hanya akal2an saja, UUD.
Nyatanya, Crew tersebut memang berangkat, tanpa bayar apapun.

Dua tahun lalu, Crew kami sampai batal berangkat gara2 perihal ini juga. tapi
Surat Pengantar-nya ada, mereka tunjukkan ke petugas Check in, tapi di coret2
dan dikoreksi. katanya salah alamat tujuannya, salah nama PIC di Kepada
Yth.:.... (saya yg wkt itu mengantar crew sendiri, menghadap langsung, saya
bilang, saya Direktur-nya PT ini, saya disini skrg, biarkan mereka Fly, tahan
aja saya disini sbg jaminannya). Biarkan mereka fly, stelah itu kita baku atur.
tapi mreka maksa minta duitnya dulu dari saya. saya tdk mau (harus jelas dulu
dasar hukumnya itu surat pengantar), Sempat rame, org2 berkerumun, lalu
supervisor Thai Airways datang,dia bilang kepada petugas Check in, "INI GA
MASALAH,GA PENGARUH APA2 !!!" buatkan Boarding tiket  Cepat!!!" sayangnya
begitu selesai smua boarding tiketnya crew, pesawat uda tdk bisa dinaiki, uda
telat, close.

Lalu kami laporkan kasus ini ke atasannya petugas Check ini di kantor pusatnya
di Jl.Thamrin. Akhirnya dapat Re-schedule pesawat tanpa bayar apapun. Tapi kami
tentunya tetap menuntut ganti rugi atas pembatalan fly ini. kami dirugikan
secara materi,waktu dan capability di mata Owner Luar kami. lalu ketika ke
bandara lagi stelah kejadian itu, ke-2 org petugas itu, tdk pernah kelihatan
lagi.

Tapi melalui kasus ini, memang sbaiknya kita para Agent, jgn pernah lupa
membuatkan SURAT PENGANTAR, utk jaga2 jika dimintai,
jika tdk dimintai tdk usah diperlihatkan.

Salam Hangat,
Mira
PT Sukma Wira Marina
SIUP NO.0629501/1.824.271