kan sudah di atur dalam shipboard working arrangements waktu at sea "oow harus
di bridge" / port & anchorage "oow tergantung apa yg diatur dalam shipboard
working arrangements kalau di deck capt yg buat di e/room ce" kalau pengalaman
saya boleh di port/anchorage wko hanya standby tapi ngak boleh pergi di luar
jam jaganya untuk yg jaga di bridge cukup ab duty karena ab duty juga ada
watchkeeping.....kecuali kan ada kapal yg kerjanya anchor melulu"workboat" wko
harus di bridge....