Salam untuk Bpk. Budiman dan selamat siang semua,

Saya ingin sedikit klarifikasi karena cukup banyak yang menghubungi dan
menanyakan beberapa hal mengenai DP Course seperti yang akan saya jawab di
bawah ini:

DP Course mana yang lebih baik, C-Mar atau Konsberg atau L3-DPCS?
        * Kami dari PT Sanvi Solusindo tidak pernah memberikan pernyataan DP
Course di mana yang lebih baik atau mana yang jelek. Untuk DP Basic/Advance,
semuanya sama saja dan semuanya sudah terakreditasi oleh The Nautical
Institute, jadi apabila saudara mengambil DP Basic di salah satu Training
Center tersebut, dapat melanjutkan untuk DP Advance di mana saja, tidak ada
masalah sama sekali, demikian juga kebalikkannya.
Apakah pengoperasian/penggunaannya berbeda?
        * Kurang lebih sama, kalaupun ada bedanya, tidak akan jauh berbeda dan
masih dapat dipahami. Karena itu tidak akan mempengaruhi apabila hendak
mengikuti DP Course Basic/Advance dimana saja.
Untuk DP Maintenance Course apakah juga sama saja?
        * Tidak. Untuk DP Maintenance Course berbeda dengan DP Basic/Advance
karena mesin yang digunakan memang berbeda. Pada umumnya kapal-kapal lebih
banyak menggunakan sistem Converteam atau Konsberg sedangkan untuk sistem L3
tidak banyak. Oleh karena itu apabila hendak mengikuti DP Maintenance Course,
saya pribadi, setelah konsultasi dengan trainer di Singapore, menyarankan untuk
mengambil DP Maintenance Course yang sesuai dengan biasa tempat bapak bekerja.
Bila converteam, dapat mengambil di C-Mar, sistem konsberg bisa diikuti di
Konsberg dan bila sistem L3 bisa mengikuti di L3-DPCS, dengan demikian apa yang
sudah dipelajari akan dapat memberi nilai tambah untuk pekerjaan saudara.

Apakah untuk pengambilan sertifikat Full DPO dapat dilakukan di L3-DPCS?
        * Sejauh yang saya tahu, DP Training Center tidak mengeluarkan
sertifikat tersebut. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut harus mengajukannya
ke Nautical Institute setelah memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan.
Mengapa perbedaan harga di L3-DPCS dan di DP Training Center lainnya berbeda
jauh sekali?
        * Saya mendapatkan informasi dari orang yang pernah bekerja di C-Mar
dan dari manager di L3-DPCS, di C-Mar lebih mahal karena memang C-Mar khusus
mendatangkan mesinnya tersebut dengan biaya yang cukup besar dan memang juga
bertujuan untuk di-bisnis-kan sedangkan di L3 tujuan utamanya adalah memang
untuk pelatihandan bukan bisnis.
Trainer-nya di L3-DPCS orang mana?
        * Trainer di L3-DPCS biasanya didatangkan dari Houston.
Jadwal DP Course di L3-DPCS:

        * Jadwal DP Course di L3-DPCS tidak baku/pasti sesuai dengan jadwal
yang ada. Syarat utamanya adalah minimum 3 orang, baru kelas akan diadakan,
oleh karena itu peraturan mengenai pembatalan/perubahan jadwal akan dijalankan
sesuai dengan yang sudah di-informasikan/tertulis. Bila saudara ingin mengikuti
DP Course di L3-DPCS, diharapkan untuk benar-benar memastikan dahulu
tanggalnya, bisa datang mengikuti kursus atau tidak.
Apakah ada jaminan pasti lulus apabila mendaftar melalui PT Sanvi Solusindo?
        * Perlu kami jelaskan kembali bahwa kami hanya membantu untuk
pendaftaran DP Course dan akomodasi saja. Untuk kelulusannya tergantung pada
masing-masing dan bukan pada kami. Sejauh yang saya tahu, belum ada yang tidak
lulus kecuali karena bolos/absen. Persyaratan mutlak untuk kelulusan adalah
hadir selama kursus dan tidak seenaknya sendiri menentukan jam kapan hadir atau
kapan jalan-jalan.

Berikut saya berikan link L3-DPCS apabila ada dari saudara yang ingin
mengetahui/mengecheck sendiri. Biaya kursus yang tercantum di sana masih harga
lama.

Saya juga ingin menjelaskan mengenai PT Sanvi Solusindo agar tidak terjadi
kesalahpahaman.
Alamat kantor kami di Jl. Raya Pejuangan 11A - Kebon Jeruk - Jakarta Barat.
Alamat tersebut adalah alamat virtual/meminjam alamat dengan persetujuan dari
pemilik ruko-nya karena kami belum mendapatkan tempat yang cocok. Untuk
operasionalnya biasa saya lakukan dari rumah di Jl. Pekapuran III/12B -
RT/RW:009/005 - Jembatan Lima - Jakarta Barat.
Agency Sanvi Solusindo sendiri telah berbadan hukum perseroan dengan Daftar
Perseroan Nomor AHU-007496.AH.01.09.Tahun 2012 Tanggal 14 Agustus 2012.

Demikian penjelasan kami dan apabila ada yang membutuhkan informasi lainnya
seputar DP Course, dapat menghubungi kami via email ad...@sanvisolusindo.com.

Kami ucapkan terima kasih untuk bapak moderator atas adanya kesempatan dan
milis ini.

Salam,

Best Regards,
Sanvi Solusindo
Membantu dari pendaftaran DP Course(Dynamic Position), hingga mendapatkan
Confirmation Letter dan Letter of Invitation,  pemesanan tiket pesawat dan
penginapan.