Selamat sore,

Terima kasih pak untuk reply-nya. Memang benar tidak ada sulitnya untuk
mendaftar dan mengurus sendiri semuanya untuk DP Course di Singapore. Tinggal
kirim email/telpon atau datang saja langsung sendiri ke Singapore, namun
pendaftaran melalui kami juga ada keuntungan sendiri, terutama dalam hal
informasi.

Dan seperti yang sudah saya jelaskan di email sebelumnya, bahwa kelulusan
adalah tanggungjawab pribadi. Kami tidak pernah meminta bayaran tambahan bila
mau lulus atau ada hidden cost. Hal ini saya rasa bisa ditanyakan kepada yang
sudah menggunakan jasa layanan kami, apakah pernah kami tiba-tiba menaikkan
biaya atau minta bayaran bila ingin lulus.

Untuk broker kerjaan, mohon maaf, sampai sekarang kami masih belum melayani
untuk hal itu. Hanya untuk pendaftaran kursus saja. Lagipula, saya rasa antara
pihak broker dan crew memang saling membutuhkan satu dengan lainnya, asalkan
bisa seleksi dan jangan sampai tertipu.
Sanvi Solusindo bukanlah agency abal-abal yang asal terima uang saja. Kami
sudah berlembaga hukum PT dengan nomor registrasi : AHU-44473.AH.01.01.Tahun
2012 dan juga membayar wajib pajak sesuai dengan ketentuan. Bila memang
terbukti kami pernah melakukan penipuan, silahkan dilaporkan ke pihak yang
berwajib.

Bila ada yang tidak suka dengan broker/agen, itu adalah hak pribadi
masing-masing, namun saya yakin ada juga yang merasa diuntungkan dengan adanya
broker/agen. Semua tergantung pada keyakinan dan pengalaman masing-masing. Yang
penting adalah mencari rezeki dengan cara yang halal dan tidak merugikan salah
satu pihak. Saya tidak tahu pengalaman bapak bagaimana dengan broker dan kapan
bapak mendapatkan DPO, namun ada beberapa peraturan yang sudah berubah dan
hal-hal tersebut tidak pernah diberitahukan oleh pihak Training Center.
Misalnya harus melakukan COC online registration yang bila tidak diselesaikan,
maka DP Logbook tidak akan diberikan atau aturan mengenai Online Test yang
sekarang diwajibkan oleh pihak Nautical Institute.

Mohon maaf bila ada kesalahan kata atau ada yang tersinggung. Dan atas
perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Salam,
Hendra

Best Regards,
Sanvi Solusindo

www.sanvisolusindo.com
Facebook : PT Sanvi Solusindo
DP Course registration and accomodation in Singapore
DP Training Center : C-Mar Pte Ltd ; L3-DPCS (Dynamic Positioning and
Communication System) ; MT (Marine Technology)

>________________________________

 yang bekerjasama dengan Training Center di Singapore untuk kepengurusan
pendaftaran kursus dan akomodasi-nya saja. Jadi, apakah kalau mendaftar melalui
PT Sanvi Solusindo akan dijamin pasti lulus, jawabannya adalah TIDAK!

> [...]
>kalau nakal atau tidak perhatian di kelas, akan dihukum oleh gurunya. Oleh
>karena itu kelulusan adalah tanggungjawab masing-masing pribadi dan lagi,
>sebagai orang yang sudah dewasa, kami yakin bahwa sebenarnya anda mengerti
>mana yang benar dan tidak.
>Uang yang anda bayarkan untuk DP Course menurut kami bukanlah jumlah yang
>sedikit, apalagi sekarang $ sedang naik tinggi. Oleh karena itu mohon
>dipersiapkan dengan baik.
>Bagi peserta DP Basic Course, Manual Book yang sudah diberikan untuk dipelajari
 terlebih dahulu untuk persiapan Online Test.