Assalamualaikum Wr. Wb.

Mas Rahman, Mas Irhas, A' Zam-Zam, Kang Dedi, Aru Palaka, Mas Hendra
Isvahara...dll. etc. dsb. terima kasih sudah mau menyapa saya di udara. Maaf,
kemarin tidak bisa balas karena lagi dapat mata kuliah yang berat. Kemarin
nilai saya sempat tersedot "10" dari semester sebelumnya. Lumayan, bukan? Ah,
itu lebih mending daripada "lumanyun"...he he he..

Dari kejadian itu, kita bisa mengambil pelajaran dari kekuatan "FOKUS". Laser
bisa memecahkan apa saja karena fokus. Demikian pula otak dan pikiran bisa
memecahkan apa saja jika kita menggunakannya secara fokus. Jadi, ibarat kaki,
jangan sampai satu melangkah ke kanan, satu melangkah ke kiri. Kalau nariknya
masih sedikit, masih bisa jalan "ngangkang". Kalau makin jauh dan berat
tarikannya....? Senam akrobatik itu namanya. Bisa tidak sampai tujuan. Begitu
kira-kira...

Demikian pula bekerja, menulis, kuliah, mengurus keluarga, mengurus orang,
beribadah, dan semua kegiatan, memerlukan "passion" dan antusiasme. Kalau hanya
sambil lalu hasilnya pun dipastikan tidak sebagus yang seharusnya. Jadi,
daripada saya menulis dan menjawab sambil lalu, saya memilih diam. Dan ternyata
Ibu Mega ada benarnya, saat saya membaca buku di perpustakaan masjid kampus
Curtin Uni. Begini bunyinya: "Diam adalah salah satu kebijaksanaan, dan jarang
sekali orang yang mengambil jalan itu". Jadi dicoba deh resepnya...Sekalian
mengikuti saran arish-4u agar saya tidak menulis saat kuliah. Biar tidak DO
katanya...Thanks sarannya ya...

Seandainya saya punya waktu lebih dari 24 jam sehari, saya ingin memberi
analisis lain tentang D3/D4, menyapa teman-teman yang baru muncul di milis
seperti: Mbak Rani Muryani di KPPN Tasik (topik virus komputer: salam buat Ibu
di Kayen (bukan Kajen, Pati), Undip Yutoto Adi Nugroho di Papua teman magang di
OTL (syalom dapat scholarship S1 IT di UGM), Tintin Hanteng di Plikon Magelang
(thanks pinjaman baju batiknya buat pelantikan; still alright to smile:), Mas
DBLB hiii...serem brewoknya.... dan juga Dun-ya Anwar (idzhar apa idghom?)
dll...

Syukurlah sekarang free-week (di oz, tiap setelah 4 pertemuan ada break). Tapi
jangan salah, tidak bisa free lha wong buat ngerjain tugas yang keteteran dan
siap-siap midsem.

Jadi, TST mas Rahman ya...Jangan merajuk ah, malu dilihat anak-anak...

Sekarang, saya jawab pertanyaan Mas Rahman, mudah-mudahan benar:

1. T: Mengapa tidur telentang haram hukumnya?

J (serius): Sebenarnya, tidur telentang (sesuai EYD), tidak haram, hanya karena
nabi mencontohkan tidur miring.
J (guyon): Ya, sudah jelas tidur sambil 'telen' 'tang' itu membahayakan bagi
keselamatan jiwa. As a result, hukumnya haram."
"Lha wong, Mas Rahman tidur sambil telen air saja sulit, kok mau tidur telen
"tang". Apalagi bangun tengah malam untuk qiyamul lail. he he he..Betul, tidak
Pak Hari?

2. T: Lebih tua mana Nabi Muhammad dengan Abu Bakar?

J (asal njeplak): Lebih tua Nabi Muhammad saw dong..Alasannya? Yang bertanya
lebih tahu daripada yang ditanya.
J (asal nebak): Tetap lebih tua nabi. Memang, Abu Bakar (ayah aisyah) adalah
mertua Nabi Muhammad saw., tetapi saat menikah, adalah setelah khadijah wafat.
Saat itu, kurang lebih usia nabi sekitar 56-an, sementara usia Abu Bakar
sekitar 30-an. Fakta lain, Nabi Muhammad dan Abu Bakar sama-sama meninggal pada
usia 63 tahun, tetapi Nabi wafat pada 10 H, sedangkan Abu Bakar setelah itu.
Yang meninggal duluan padahal pada usia sama, berarti dia lebih tua. Kalau Mas
Rahman beda pendapat, berarti masuk wilayah khilafiyah...hi hi hi..

Sekarang, saya mau tanya pada Pak Hari, Pak Budi Santoso, Pak Uce, atau
milisers (mas Rahman antre minyak dulu).

Begini pertanyaannya: "Setelah saya diskusi sana sini, salat memakai sarung itu
enggak boleh alias batal. Mengapa?

Sekian dulu, salah khilaf mohon maaf. MmmmuuuuacH!!

Wassalam,
Kobir