Assalamualaikum Wr.Wb...

Rekan Indi..., Saya ingin menanggapi balik pendapat anda.

>don't be so suspicious.
>what they are wanting to show is the sorrow and the concern about the
>situation.

Masalahnya bukan curiga atau tidak, Tapi cara yang dipakai untuk
mengungkapkan kesedihan dan keprihatinan itulah yang tidak tepat, karena
dihubungkan dengan ibadah kepada Allah SWT.

>I think it is alright to pray at semanggi.
>there is nothing wrong with that.
>this is to show the people that they are praying for the sake of our
>nation.

Memang kalau kita mengedepankan pendapat pribadi tanpa ada dasar-dasar
yang kuat, segalanya memang bisa terlihat wajar-wajar saja, termasuk
masalah sholat di semanggi ini. Berhubung acara yang dilakukan adalah
Ibadah kepada Allah SWT, maka dasar dan tata caranyapun harus
disesuaikan dengan ajaran Islam, dengan berpatokan pada Al-Qur-an dan
Hadits, bukan berdasarkan hawa nafsu atau pemikiran kita belaka.

>Islam does not restrict the location for prayers.
>A mosque is not a mandatory for this case.

Betul, Islam memang tidak membatasi tempat untuk Sholat, tapi dengan
syarat memang tidak ada masjid/mushola di suatu tempat. Kalo memang ada
masjid/mushola, umat Islam sangat dianjurkan sholat di masjid atau
mushola tsb,kecuali ada halangan yang bersifat syari'i (yang -
diperbolehkan oleh  syariat Islam).

Berikut saya sampaikan dasar-dasar ajaran Islam yang saya ketahui,
sehubungan dengan masalah sholat yang akan dilakukan di jembatan
semanggi.

1. Suatu Ibadah akan diterima jika memenuhi beberapa kriteria yang
ditetapkan oleh Allah dan Rasulnya, yaitu:

   A) Niat karena Allah (Lillah)
   DASARNYA :* Al-Qur'an, surat Al-bayyinah ayat 5
      "Dan tiadalah mereka diperintah kecuali supaya meng-Esakan Allah
dengan tulus ikhlas dalam ibadat agama dan lurus".

          ** Hadits Rasulullah SAW dari Umar bin Khattab r.a.
       "Sesungguhnya sah atau tidaknya sesuatu amal, tergantung
pada niat.Dan yang teranggap bagi tiap orang adalah apa yang          ia
niatkan........".(Bukhari, Muslim))

          *** Hadits Rasulullah SAW dari Abu Hurairah r.a.
       " Sesungguhnya Allah tidak melihat bentuk badan dan rupamu,
tetapi langsung melihat/memperhatikan niat dan keikhlasan
dalam niatmu".(Bukhari, Muslim)

KOMENTAR: Dari segi niat saja, Sholat di Jembatan semanggi sudah
menyalahi aturan, karena mempunyai NIAT LAIN untuk MENGENANG
PERISTIWA SEMANGGI (Seperti diungkap Shantoy,Sekjen KBUI di
harian Republika hari ini). Terlalu bodoh dan lugu rasanya
jika kita menganggap rencana sholat di jembatan semanggi itu
semata-mata diniatkan karena Allah. Dalam Islam setiap
perbuatan ibadah yang dilakukan dengan niat karena sesuatu
SELAIN Allah adalah SYIRIK (RIA), dan setiap dosa syirik
atau mensyarikatkan/menduakan Allah adalah dosa besar dan
tidak akan diampuni oleh Allah SWT (QS.4/48 & QS.4/116).
Oleh karena itu umat Islam harus senantiasa menjaga
kemurnian ibadahnya dan wajib MENCEGAH segala bentuk
KEMUSYRIKKAN.

         B)Harus dengan tata cara yang Allah tentukan (Billah)
   Suatu ibadah akan diterima oleh Allah SWT, jika mengikuti tata cara
yang Allah tentukan dan diajarkan oleh Rasulullah SAW.

DASARNYA :* Al-Qur'an, surat Al-An'am ayat 153
       " Susungguhnya inilah jalanKu yang lurus, ikutilah; dan
janganlah mengikuti jalan lain-lain,karena jalan-jalan yang
lain itu akan memisahkan kamu dari jalanNya.

       ** Hadits Rasulullah SAW dari 'Aisyah r.a.
       "Siapa yang mengada-adakan sesuatu dalam agama kami ini(Islam),
sesuatu yang tidak ada dasarnya (bid'ah), maka itu pasti
tertolak"

KOMENTAR:Rencana sholat di Jembatan semanggi jelas TIDAK ADA aturannya
dalam Islam, dan merupakan BID"AH.Ironis sekali memang,
disaat begitu banyak masjid yang seharusnya didatangi untuk
melaksanakan sholat dan ibadah lainnya kepada Allah, justru
ada sebagian orang "Jahil" yang memakai jalan umum untuk
melaksanakan sholat.

2. Selain alasan-alasan tersebut diatas, ada satu hal lagi yang perlu
diperhatikan kaum muslimin, yaitu masalah hak-hak orang lain,    karena
Islam adalah agama rahmat bagi alam semesta (rahmatan lil    alamin).
Dalam suatu haditsnya Rasulullah memperingatkan     sahabat-sahabatnya
untuk tidak duduk-duduk di jalan tanpa adanya    suatu kepentingan, dan
kalaupun terpaksa maka harus memberi hak    jalan bagi orang
lain,diantaranya hak untuk MENCEGAH GANGGUAN.    Rencana sholat di
Jembatan Semanggi jelas sangat bertentangan    dengan hadits ini, karena
malahan akan MENIMBULKAN GANGGUAN bagi    pengguna jalan yang lain. Para
pengguna jalan yang lain tentu tidak    akan dapat menggunakan jalan
semanggi karena adanya acara sholat    ini, dan ini berarti pelanggaran
terhadap hak-hak orang lain. Belum    lagi kemungkinan timbulnya
kerusuhan dari acara tersebut, yang    dapat terjadi karena bangkitnya
kembali emosi massa saat mengenang    peristiwa semanggi yang lalu.

Akhirnya saya menghimbau kepada rekan-rekan sekalian untuk selalu
mendasarkan pendapat dan pemikiran tentang Islam kepada Al-Qur-an dan
Hadits, sehingga dengan demikian akan tampak jelas mana orang-orang atau
kelompok yang BENAR-BENAR murni memakai ajaran Islam dan mana
orang-orang atau kelompok yang MENYALAHGUNAKAN ajaran Islam untuk
kepentingan tertentu.

Wassalam

Mohamad Rosadi
Virginia