>Saya dengar kabar katanya Tarmizi Taher, mantan menteri
>agama, dalam acara bincang2 di SCTV yg kalau tidak salah
>masih dalam suasana Kongres Umat Islam Indonesia,
>pernah mengucapkan kata
>
>"Kalau umat Kristen percaya Tuhan mereka beranak!..
>ya biarkan saja...."
>
>Adakah rekan2 yg bisa mengkonfirmasi kebenaran akan
>hal ini?
>Kalau memang Tarmizi Taher pernah mengucapkan hal
>demikian, apakah sudah ada tuntutan hukum atas dirinya?
>
>Oh ya, saya dengar2 juga Zaenudin MZ pernah (sering)
> [...]

Yw: Kalo mau bicara secara 'ilmiah', mungkin harus
    diteliti lagi, apakah yg diucapkan (dan 'menyinggung')
    itu merupakan opini pribadi dari ybs, ataukah mereka
    itu sekedar melakukan 'quote' (mengambil dari kitab
    suci, misalnya).

    Soalnya, 'prosedur standar' berceramah orang Islam
    (bukan cuma di Indonesia), statementnya banyak yg
    berupa 'quote' (dari kitab Quran dan Hadits).
    Hal ini (dinilai) lebih convincing (utk orang-orang
    yg tahu) adanya prinsip (Islam): "... barangsiapa
    berpegang teguh pada keduanya (Quran dan Hadits),
    maka akan selamatlah dia selamanya..."

    Kalo ternyata ucapannya itu 'quote', perkaranya
    jadi lain...

    Seperti kita tahu, dalam kitab sucinya orang Islam
    (Quran), banyak sekali kritik (pedas mungkin utk
    banyak orang), thd orang-orang beragama kristiani
    dan orang-orang beragama yahudi. Walaupun tentunya
    yg terbanyak adalah kritikan buat orang-orang
    beragama Islam sendiri (for obvious reason, hanya
    saja karena merasa 'memiliki', jadi orang-orang
    Islam tidak 'tersinggung secara emosional').
    [Utk melengkapi: disamping kritikan tsb, ada pula
    hujatan! Yaitu ditujukan kpd orang-orang yg
    nyata-nyata menyerang Islam, yg dilabeli
    'kaum kafir'].

    Dan untuk sedikit mengulang (dan menghilite),
    dalam hal kritik mengkritik itu (baik thd orang
    yg beragama Yahudi, Kristiani, maupun Islam), yg
    dikritik adalah ORANG-nya (menurut saya). Kecuali
    kalo hujatan untuk 'kaum kafir' itu, yg dihujat
    memang 'ideologinya' (dan orangnya sekaligus).
    (ini menurut saya).

Kirim email ke