Dengan demikian memang terdapat pemikiran untuk menyempitkan pemikiran-
pemikiran baru. Membuka Permias@ sudah barang tentu dimaksudkan untuk
memungkinkan munculnya ide dan pemikiran baru, terutama dari Indonesia
yang langsung bersentuhan dengan kehidupan di sana.

Menutup dan menyeleksi anggota yang berhak ikut mailing list adalah bentuk
kesewenang-wenangan yang luar biasa. Saya kira ide ini bukan dari Admin
sendiri. Mungkin ide ini muncul dari milis Forum@ yang menjembatani para
pengurus permias se-US, sebagai mana sempat terlontar oleh Boy Andaresta.

Bila memang isu yang akan dibawa adalah usaha meningkatkan peran serta
para student di US untuk berdiskusi, maka banyak hal yang mesti dipelajari dulu.
Milis Forum@ yg hanya beranggotakan pengurus Permias lokalpun sering
sepi. Bagaimana mau meningkatkan kemampuan berkomunikasi bila berani
berbunyi bila merasa aman berada di lingkungan terbatas. Peribahasa katak
dalam tempurung akan tepat bila Permias@ memang benar-benar akan
bersifat tertutup.

Email Admin di bawah ini menyiratkan bahwa keputusan menutup milis ini
dari anggota di luar student di US sudah final. Yang belum final adalah
apakah pihak admin mampu melaksanakan skrening secara manual. Silakan
dikoreksi oleh yg lain bila saya salah menterjemahkannya.

Saya rasa masalah ini pasti berawal dari kemudahan pendaftaran Permias@
lewat homepage Permias di bawah Bung Okki. Sayangnya para pendaftar baru
tsb terlalu malas untuk unsubscribe lewat homepage tsb lagi. Yang sudah
stay di sini sejak semula jadi terganggu oleh permintaan sign off dari para
anggota 'by accident' ini.

Ada cara yg sebetulnya cukup mudah. Sertakan footer di setiap posting, yg
berisi URL Permias untuk unsubscribe.

Sudahlah gini aja Bung Syafri, juga siapa-siapa saja yang merasa sudah lama di
Permias. Mending gini saja, buat satu milis lagi yg tertutup. Dengan demikian
kita dapat tahu deh bagaimana perkembangan dan perbedaannya. Daripada
mengambil keputusan terburu-buru.

Email ini saya cc. ke Bung Vintjent yang dulu sempat melontarkan tawaran untuk
menangani Permias@. Barangkali keanggotaan milis Permias dapat di-swap
ke milis baru, lalu existing milis ini boleh deh menawarkan pendaftaran dengan
cara diseleksi seperti itu. Enak tho?

'--------------------------------------------------------
IDS+PERMIAS+GARUDA List Admin wrote:

> Rekan-rekan,
>
> Menyambung diskusi tentang keberlanjutan permias-net, benar memang bahwa
> saat ini permias-net telah ditutup... Bila anda menggunakan perintah
> subscribe, maka mulai sekarang tidak lagi secara otomatis diproses oleh
> mesin -- melainkan dilaksanakan oleh administrator.  Ini adalah sekedar
> uji coba (kurang lebih selama sebulan) untuk melihat sejauh mana kemampuan
> administrator merespon permohonan pelanggan baru sekaligus penggunaan
> perintah-perintah pelaksanaannya.
>
> Hasilnya, merupakan bahan kami untuk mengangkat isu dalam forum
> [...]

Jaya

--> I disapprove of what you say, but I will
    defend to death your right to say it. - Voltaire

               \\\|///
             \\  - -  //
              (  @ @  )
------------oOOo-(_)-oOOo-----------