Irwan Ariston Napitupulu <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Terima kasih sebelumnya anda mau menjelaskan.
Saya yakin pertanyaan mudah seperti itu untuk
orang seperti anda yg tampaknya banyak mengetahui
sesuatu tidak perlu membutuhkan waktu berhari2.
Mudah2an posting awal anda tersebut tidak dalam
kondisi iseng2 lagi seperti yg sudah2.....:)

In a message dated 6/15/99 9:21:29 AM Eastern Daylight Time,
[EMAIL PROTECTED] writes:

> Saya janji akan saya jawab pertanyaan kamu segera
>  Yuni
>
>  Irwan Ariston Napitupulu <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>  In a message dated 6/14/99 2:18:09 PM Eastern Daylight Time,
>  [EMAIL PROTECTED] writes:
>
>  > Pernahkah tokoh muslim Indonesia menyerukan secara nasional kepada rakyat
>  >  Indonesia bahwa memilih pemimpin wanita adalah suatu pelanggaran kepada
>  >  syariat agama Islam???????
>  >
>  >  terima kasih
>  >  yuni
>  >

> [...]

Wah...wah ...terima kasih atas pujiannya yang dibuntuti dengan kecurigaan.
Irwan saya tidak melarikan diri kok, tetapi saya banyak kesibukkan. Lagi pula
mengenai ayat ayat qur'an, saya bukan orang ahli agama, maunya sih saya cari
dulu buku saya tentang kepeimpinan dalam Islam sehingga saya bisa menjelaskan
secara detail kepada anda. Akan tetapi karena anda mintanya buru buru ya sudah
apa adanya aja ya??????? mungkin ada rekan lain yang ahli agama seperti
misalnya bung Pandir atau lainnya bisa nambain.

Mengenai ayat di Quran saya hanya ingat satu ayat yang menjelaskan bahwa
"Laki laki itu adalah pemimpin wanita...." ANNISAA' :38, ada banyak ayat ayat
pendukung lainnya atau yang turut menjelaskan maupun Sabda Nabi, tetapi saya
tidak hapal.

Mengenai negara Islam lainnya yang mempunyai pemimpin wanita, jawaban saya
adalah mengapa tidak.Toh itu kehendak rakyat mereka. Irwan harus bisa
membedakan antara aturan dan pelaksanaannya. Idealnya atau aturannya dalam
Islam bahwa pemimpin itu adalah laki laki, tetapi karena orang Islam itu
adalah manusia, yang tak luput dari kesalahan dan pola pemahaman yang berbeda
maka timbullah pelaksanaan yang berbeda.Dilain pihak aturannya mengatakan A,
sedangkan pelaksanaannya B, itu sah sa saja bagi manusia yang menjalaninya,
akan tetapi mereka tidak bisa mengubah peraturan itu sendiri, dalam arti
mereka menanggung resikonya sendiri.

Tidak ada bedanya dengan presiden, saya kira jawaban saya sudah mencakupi yang
diatas. Hanya saja untuk bidang tertentu, yang menyangkut kewanitaan masa
harus laki laki ya mereka nggak tahu apa apa dong.

Mengenai urusan dagang(bisnis) wanita tidak dilarang untuk berdagang, apalagi
itu usahanya sendiri, maka sah sah saja ia menjadi direktur kek, apa kek,
karena itu punyanya sendiri. Sedangkan yang hanya sebagai pegawai, juga tidak
ada masalah, karena tujuannya untuk mencari nafkah.

Pemimpin bagi saya adalah Laki laki muslim, berkeluarga, yang  bisa
diteladani, diperaya akan akhlak, perbuatan,perkataanya. Dia mampu membedakan
kebaikan dan keburukan, memahami syariat Islam sekaligus menjalankannya.
Bertanggung jawab, dan tidak malu berbicara akan kebaikan akan tetapi malu
untuk berbuat keburukan, dll.

Saya cantumkan berkeluarga, karena dalam Islam orang yang sudah berkeluarga
adalah diutamakan diantara orang yang belum berkeluarga. Ini menunjukkan bahwa
seseorang tersebut sudah belajar untuk bertanggung jawab untuk orang
lain(yakni keluarganya) dibandingkan yang masih bujang.

Sekian dulu jawabanku, kalau mau detail tentang Islam tanya yang ahli agama

maaf sebesar besarnya kalau ada kesalahan

Yuni

Get your own FREE, personal Netscape WebMail account today at
http://webmail.netscape.com.

Kirim email ke