Makasih atas resepnya Irwan, ntar aku coba deh.

Ini kebetulan ada resep cara bikin kuah bakso lain. Kayaknya lebih gampang
nggak pakai numis numis.

- rebus tulang atau tetelan sapi, sampai mendidih, lalu api
dikecilkan,kemudian masukkan bumbu bumbu yang telah dihaluskan, jahe, juga
masukkan baksonya.biarkan mendidih kembali, masukkan potongan daun bawang dan
seledri.Kalau pakai tetelan, bisa diambil, kemudian dipotong potong dan
dimasukkan kembali.

Pada waktu mau menghidangkan taruh saos tomat, sambel, cuka/perasan jeruk,
keap manis, irisan seledri dan daun bawang, baru sayurannya, mie,bakso terus
kuah. Kalau ada bawang goreng lebih enak lagi.

Bumbu yang dihaluskan:
-Bawang merah (aku biasa pakai bawang bombay, seadanya)
-Bawang putih
-merica
-garam
-bubuk pala
bumbu bumbu ini dihaluskan (biasanya aku cuma potong potong aja)

Bumbu yang tidak dihaluskan:
- jahe, hanya 1/2 ruas, atau lebih dikit, jangan banyak banyak nanti rasanya
kayak sekoteng.
- daun bawang
- seledri

Kalau kamu punya resep resep istimewa lainnya aku juga mau kok.

yuni

Irwan Ariston Napitupulu <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
In a message dated 6/29/99 10:48:12 PM Eastern Daylight Time,
[EMAIL PROTECTED] writes:

> Ngomong ngomong Irwan pintar dong bikin bumbu bakso, bgi bagi resep
>  dong........

Irwan:
Nih, gue kasih dah resep sederhana dan cepat untuk
masak bakso. Hanya butuh waktu sekitar 15-20 menit doang.
Pertama, tentunya siapin baksonya dulu ya yg udah
dipotong empat tapi jangan putus, itu lho, bikin kaya bunga,
biar nanti pas direbus bisa mekar dan matengnya enak.
Baksonya bebas saja, mau bakso sapi atau ikan, terserah.
Setelah selesai motong2nya selesai, lalu siapkan bumbu2
yg dibutuhkan.
- olive oil 2 sendok makan. sengaja pakai minyak olive
  karena rasanya yg enak. Agak mahal sih, tapi ini perlu
  untuk citra rasa.
- bawang putih yg sudah diiris berbentuk bulatan tipis. Kalau
   males buka bawang, ya beli aja yg bubuk, ngga masalah
   toh sama aja rasanya paling ngga mirip lah....:)
   Jumlahnya ya diatur dengan selera lah. Jangan banyak2,
   ntar keringetnya bau, itu kata orang lho....:)
- Daun bawang (yg panjang2 warna hijau itu lho), dipotong2
   secukupnya.
- Sayuran2 hijau, yg biasa untuk bakso itu lho. Jadi bukan
  kangkung atau bayem.....hehehehe.
- garam secukupnya

cara masak:
Pertama masukan 2 sendok makan minyak olive itu
ke dalam panci yg nantinya untuk ngerebus bakso.
Trus masukan potongan bawang putih setelah minyaknya
rada panas, sebentar aja dan minyaknya jangan terlalu
panas. Kalau pake garlic powder, jangan dimasukan
ke minyak panas karena nanti cepat hangus bubuknya
(gue pernah begitu soale). Kemudian masukan air
yg banyak ke dalam panci. Masukan garam secukupnya
(cat: bagi yg memang ingin kelihatan mau cepet kawin,
masukin garamnya banyak2 biar keasinan...hehehe)
Aduk2 sebentar dan kemudian masukan bakso yg
sudah dibentuk kembang itu.
Diamkan sampai mendidih. Masukan daun bawang.
Baru kemudian pada saat2 akhir masukan sayuran2
hijau. Diamkan sebentar trus matikan kompornya.
Sayuran dimasukin terakhir biar ngga layu kalau kelamaan
direbus.

Bagi yg seneng, bisa tambahin cabbage yg sudah dikeringkan
dan diasinkan. Jangan banyak2 karena ntar keasinan.

Nah, selesai deh tuh baksonya.
Selamat makan Indonesia......:)

catatan:
kunci dari enaknya masakan ini adalah di
olive oil dan baksonya. Jadi pilihlah bakso yg enak
dan jangan pake minyak jelantah.....:)

Get your own FREE, personal Netscape WebMail account today at
http://webmail.netscape.com.

Kirim email ke