Permisi,
Hanya untuk mengingatkan diri saya sendiri yang telah lama tidak berkumpul
melihat lebih jeas kepercayaan saya,

Cukup banyak tipe-tipe orang yang dijanjikan Pencipta kita akan mengalami
kesulitan hidup di akhirat nanti, cukup jelas kriteria-kriteria apa yang
pencipta kita sabdakan termasuk golongan itu, tetapi sangatlah susah melihat
diri kita apakah termasuk dalam kategori orang-orang yang sesat ini.

Banyak orang mengadili orang lain bahwa mereka termasuk orang kafir, tetapi
kekafiran seseorang hanya dapat dilihat dari hati seseorang dan itu hanya
pencipta kita yang tahu,

Tetapi saya berusaha sebisa mungkin mengingatkan diri saya kalau Munafik itu
adalah kategori yang dengan mudah dapat kita lihat. Syaratnya simple untuk
memasuki kategori Munafik ini, yang notabene termasuk orang2 yang diharamkan
masuk 'daerah' yang paling indah di akhirat kelak:
1. Berbohong jika berbicara.
2. Tidak menepati jika berjanji.
3. Melupakan amanah yang diberikannya.

Wass.Wr.Wb.