Sehubungan dengan adanya kekacauan di Timor Timur, apakah sikap PERMIAS saat
ini?

Saya baru saja berdiskusi dengan salah satu aktivis dari ETAN (East Timor
Action Network) yang baru saja puland dari Dili setelah berada disana selama
kurang lebih 2 bulan sebagai Peace keeper and IFET (International Federation
fo East Timor ... kunjungi websitenya di  www.etan.org/ifet)  member yang
memantau jalannya proses voting baru2 ini mulai dari registrasi sampai
pengambilan suara. Ada kira2 lebih dari 200 orang Indonesia dan Asing yang
mempertaruhkan nyawa mereka di Tim2 karena kepercayaan mereka akan sistem
demokrasi dan keinginan melihat rakyat Tim2 meraih kemerdekaan yang selam ini
mereka damba2kan. Selain itu pejuang2 yang sangat alot untuk Timor Timur
seperti Alan Nairn dari NYTimes, Amy Goodman, seorang dokter yang membantu di
rumah sakit2 di Dili dan daerah sedang juga mempertaruhkan nyawanya di sana.

Beliau menghimbau kita semua sebagai mahasiswa Indonesia di luar negeri
supaya melobby US Govt., Kofi Annan, Wakil rakyat di Senat/kongress alias
senator2 lokal dan  Ambassador Indonesia di US dalam rangka menolong masuknya
UN peacekeeper troops kedalam Tim Tim. Saya sendiri membaca dari koran bahwa
US Sec. of Defense tidak akan memasukkna pasukannya ke INdonesia bila tidak
ada dukungan public yang luas .... siapa public itu ? Ya kita-kita ini lah.
Jadi itulah inti "forward" an e-mail yang selama ini saya dan mBak Juliana
dari New York sudah masukkan ke milis ini.

Selanjutnya, saya ingin mengajak segenap Permias2 lokal untuk membuat surat
pernyatan diri bersama seperti PPI Jerman yang akan kita e-mail/fax ke KBRI,
pemerintah Indonesia, Mabes TNI di Jakarta, ke UN office di NY, ke Amnesty
International, dll a.s.a.p. Disela-sela kesibukan saya bersama teman2 disini
yang akan memulai suatu demonstrasi di Portland's Federal Building Jumat ini
dan penunjukan slides/photographs yang wakil ETAN kita di Tim-Tim sempat
liput dll pada hari Sabtu mendatang, saya menghimbau kita semua untuk
merancang suatu surat pernyataan sikap secepat-cepatnya. Satu hari bisa equal
10 nyawa di Timor Timur saat ini. Suara kita sangat diperlukan dan inilah
waktu yang tepat untuk membuktikan hasil kongres PERMIAS baru2 ini ... ya
nggak ??

Saya aka merancang suatu surat pernyataan ... semoga teman2 mau membantu
merumuskannya.  Seyogyanya akan saya posting disini selambat-lambatnya besok
pagi.

Mari Berjuang.
Donald Saluling
PS : SEKALI LAGI  CHECK OUT: www.etan.org/ifet untuk berita2 dan keterangan
yang penting tentang gerakan international dlm memperjuangkan nasib rakyat
timor timur.
PS #2: Perlu kita buka jalur telpon juga untuk memperlancar hubungan antar
PERMIAS ? (503) 243-6111 <-- PERMIAS Portland

Kirim email ke