Sewaktu masih high school saya masih inget teorinya fisika, yaitu teori
sebab <----> akibat. Setelah dipikir2 mungkin teori ini bisa diterapkan di
kasus Timtim :) sebagai sebuah chain yg panjang, paling tidak ini versi saya
sendiri.

AKIBAT:
* Timtim ribut2 dan tekanan Int'l terhadap indo makin kuat

MENGAPA??
* Karena adanya jajak pendapat yg baru berlalu.

MENGAPA ADA JAJAK PENDAPAT??
* Karena masyarakat Timtim merasa mereka diperlakukan tidak adil baik dalam
pembangunan, ekonomi, sosial dll.

MENGAPA DIPERLAKUKAN TIDAK ADIL??
* Karena sistem pemerintahan di Indonesia sendiri yg tidak adil antara pusat
dan daerah dan harus saya akui pemerintahan Indonesia dari dulu MEMANG TIDAK
BERES di segala bidang.

KENAPA TIDAK BERES??
* Karena sistem itu dari sejak thn 66 diimplementasi oleh seseorang yg
bernama SOEHARTO.

Interesting huh?? kayaknya teori ini bisa juga diterapkan di kasus Aceh,
Ambon, Irja, dll dan kayaknya hasilnya juga sama, yaitu SOEHARTO.

Salam,
Suwandi.

ps. sistem pusat dan daerah yg saya utarakan di atas tidak ada hubungannya
dengan diskusi ttg Jawa dan daerah yg ada di milis ini. Jadi jangan
disalahpahamkan.

Get FREE voicemail, fax and email at http://voicemail.excite.com
Talk online at http://voicechat.excite.com

Kirim email ke