Terima kasih atas respon yg simpatik.

Lagi-lagi menurut saya, setiap bentuk demonstrasi massa akan selalu
menghadapi PHH, dan harus selalu siap dengan kerugian fisik dan jiwa. Tidak
di Indonesia, tidak di Korsel (beberapa tahun yg lalu), tidak juga di AS
pada saat aksi rusuh tetapi tidak jelas maksudnya di Michigan State
University beberapa bulan yg lalu. Korban yg dipukuli dan ditendangi akan
setara dengan tindak brutal dari para demonstran itu sendiri. Itu adalah
resiko untuk ikut demonstrasi, apalagi bila demo yg dilakukan tidak didukung
oleh disiplin yg tinggi.

Rasanya banyak rekan-rekan kita di sini yg mempunyai pengalaman aktual
mengkoordinasikan demo, tetapi menghadapi kenyataan bahwa sulit
mengendalikan demo secara damai. Ada beberapa pihak yg dapat menyusup:

- Pihak iseng yg ingin suasana rusuh.
- Pihak ketiga yg ingin suasana rusuh dengan tujuan menohok
  pemerintah (yg dikenal dg 'menunggangi').
- Pihak pemerintah/keamanan yg ingin mencari celah/alasan untuk
  membubarkan demo dengan cepat.

Untuk kasus di Semanggi, saya sendiri merasa aneh bila tentara ternyata
merupakan pihak yg melakukan penembakan. Di masa lalu, tidak mustahil bahkan
yg paling mungkin merekalah yg melakukan penembakan. Tetapi dengan sorotan
dunia pada Timtim dan mengimbas pada kejadian di Jakarta, rasanya terlalu
bodoh kalau militer melakukannya.

Hal yg berbeda dapat terjadi misal di Manokwari kemarin, di mana terdapat 2
warga yg tewas diterjang peluru panas. Tidak disangsikan lagi bahwa pihak
keamanan yg melakukannya. Di Jakarta? Saya menyangsikannya. Memukuli,
menyeret demnstran, ya pasti mereka melakukannya. Itulah cara-cara
mematahkan demo keras, dan terjadi di berbagai negara lain baik yg
berkembang maupun yg maju. Tetapi membunuh lagi seperti di Trisakti? Hmm...
saya tidak percaya militer bertindak sedemikian dungu. Saya justru membuka
kemungkinan pihak LN terlibat dalam penembakan tersebut, untuk menambah
alasan melakukan pengadilan internasional yg diributkan kemarin, dan
dibicarakan lagi besok pagi.

Pemberitaan luar negeri yg menyatakan orang Indonesia adalah brutal sangat
mengada-ngada. Silakan terangkan bagaimana mereka menghadapi kerusuhan di LA
beberapa tahun silam. Silakan terangkan bagaimana polisi Kanada mengamankan
kerusuhan di Vancouver beberapa tahun silam hanya karena masalah football.
Rasanya video kejadian di Vancouver beberapa kali ditayangkan deh.

Maka dari itu, selama kita tidak mampu menjamin jalannya demo dengan damai,
maka jangan terlalu berharap banyak dengan jatuhnya korban. Memprihatinkan?
Ya... jelas. Itulah harga dari perjuangan yg harus dibayar.

Suatu revolusi (bukan sekedar reformasi semu) menuju ke arah perbaikan di
bidang AB dan keamanan kelihatannya sangat diperlukan. Menarik mundur setiap
anggota TNI dan Polri dari setiap jabatan sipil beserta semua jaring
pengaruh merupakan prasyarat mutlak. Beberapa bulan yg lalu saya masih
berpendapat bahwa militer yg keluar dari dinas dapat menduduki jabatan
sipil. Rupanya dasar sifat orang Indonesia yg senang untuk mencari celah,
terdapat beberapa kasus di mana orang TNI baru akan keluar dari dinasnya
beberapa saat sebelum memasuki kedinasan di posisi sipil! Sungguh memalukan
adat baru seperti ini. Mestinya harus terdapat jeda waktu, misal satu atau
dua tahun. Ini sangat penting untuk menunjukkan bahwa si calon pejabat ini
bukan merupakan cangkokan dari kalangan militer! Mungkin hal ini perlu
dijadikan konsensus baru di Indonesia.

+anjas