Hello semua,

saya cuma ingin berkomentar mengenai perdebatan kita mengenai atribut
keagamaan.

Dulu di gereja saya, ada pastor-pastor atau pendeta-pendeta "kurang"
bijaksana yang dalam khotbah mereka saling menjelekkan agama Islam dan
umatnya.  Saya sangat tidak setuju.  Tidak ada urusan mereka menjelekkan
umat muslim.  Demikian juga sebaliknya, tidak ada urusan umat muslim
menjelekkan umat nasrani.

Coba kita lihat, begitu mudahnya urusan agama dijadikan benih pertikaian
sesama anggota bangsa.
Kalau saya lihat dari artikel mengenai gereja betawi ini, bila ada yang
protes, terus-terang saya boleh bilang itu menunjukkan kedangkalan
dan kesempitan pikiran mereka.

Menurut salah satu sumber artikel yang pernah saya baca dulu, jemaat
kristen di syria, irak, dan daerah timur tengah yang lain, mereka bila
sembahyang menggunakan cara bagaimana muslim bersembahyang.  Yaitu mereka
bersila dan sampai mencium tanah.  Pakaian mereka itu juga adalah pakaian
sebagaimana layaknya orang timur tengah, pakai sorban segala soalnya
daerah mereka panas.  Kalo pakai jas atau yang lain, tidak akan sesuai
sekali dengan kebudayaan apalagi kondisi disana.

Kalau ditanya, wah jemaat tersebut menghina dong.  Pakai atribut muslim
tapi ternyata orang nasrani.  Coba saya jawab dengan analogi seperti ini:
Ada orang yang kemana-mana selalu pakai kalung salib, anting
salib.  Tapi waktu ditanya, kamu ke gereja mana?  Dia jawab, oh saya tidak
ke gereja.  Saya seorang free thinker.  Sebagai seorang nasrani yang
dangkal pikirannya, saya akan meresa terhina dan tersinggung.  Lambang
iman saya dipakai orang tak beriman, atau kafir istilahnya.  Tapi, kalau
dipikir lagi lebih dalam, lambang itu adalah lambang.  Yang ciptakan
adalah manusia sendiri.  Tidak ada gunanya dan tidak bijaksana kalao
lambang itu diagungkan atau dipertahankan semacam itu.  Kalau memang si
free thinker menghina Tuhan saya secara langsung, saya juga percaya,
kalau Tuhan saya juga tidak akan tinggal diam.  Dia pasti kalo mau sudah
kirim petir buat sambar itu orang..:)  Tapi tidak seperti itu
kenyataannya.  Moral of the story:  jangan sampai sesuatu lambang yang
dibuat manusia menjadi landasan kita bertindak sembrono.

Dulu ada cerita 2 orang biksu budha yang ditanya oleh dewan kehormatan
untuk dipromosikan jadi biksu ketua.  Mereka ditanya pertanyaan yang
sama.  Kalo kamu kedinginan apa yang kamu lakukan?
Biksu pertama dengan gagahnya berkata: Doa sama Budha dan nanti pasti
dikasih kehangatan.  Semua orang terpesona karena iman orang ini.

Tapi biksu kedua, dengan menunduk dan kalem berkata:  Saya akan berdoa dan
membakar patung Budha yang ada didepan saya ini.

Tebak: siapa yang dapat promosi:  ==> Biksu yang kedua.  Karena dia tidak
menggunakan iman/kepercayaan yang buta, tapi juga akal dan budi pekerti
yang sudah diberikan Tuhan kepada dia.

Begitulah sekian comment saya, dengan harapan kita nanti kalau diskusi
lagi bisa diskusi sesuatu yang lebih berguna.  Misal:
- Lapangan kerja apa yang bisa diciptakan di indonesia sekarang?
- Business apa yang kira-kira bisa dijalankan di indo sekarang?
- Atau, gimana caranya cari jodoh disaat krisis seperti ini....:)

 On Tue, 28 Dec 1999, Mardhika Wisesa wrote:

> Mungkin benar anda ini bermental provokator, pertanyaan tidak bisa dijawab
> malah balik bertanya seperti layaknya seorang tak berdosa. Anda jawab
> sendirilah pertanyaan anda dibawah ini, saya cuman bisa beri komentar seperti
> para bule-bule teman saya: " What a dumb and stupid question you got." Mungkin
> hanya kalimat ini yang bisa anda mengerti di pikiran anda.
> Anda memang lucu sekali Soe, sangat lucu, ketawa pun saya tidak bisa, saking
> lucunya dan tak berdosanya pertanyaan kocak anda itu.
>
> Mardhika Wisesa yang sedang mencari nada untuk mempersembahkan sebuah ketawa
> [...]

                                                          ),
                                          (,             / ,
        Charles Christopher Sugiarto          \_-//'/ //<,
        For life is like a race,                /,)-~>> _\`  \\\
        all you have to do to win               (/  \\ //
   is get up and run every time you fall            // //
                                                   (( ((