In a message dated 4/12/00 11:49:48 AM Eastern Daylight Time,
[EMAIL PROTECTED] writes:

> Menarik juga nih perdebatan antara Jeffrey Anjasmara dan Irwan Ariston
>  Napitupulu. Bukan saja karena materinya, juga jumlah pendukungnya yang
cukup
>  berimbang. Hanya saja pendukung Irwan lebih tampak ketimbang pendukung
>  Jeffrey.Kenapa bisa begitu ya?

Irwan:
Bila dilihat dari ilmu pengetahuan khususnya statistik, maka jumlah
pendukung khususnya dalam diskusi di milis ini bisa diketahui
dari posting2 yg dilakukan oleh yang bersangkutan. Dengan kata lain,
kalau dikatakan jumlah pendukung yang berimbang, itu artinya jumlah
yang tampaknya juga harus berimbang karena jumlah pendukung
itu didasari tentunya dari jumlah yang tampak (posting) di milis ini.

Silahkan Pak Nasrullah lihat kembali logika kalimat di atas yang
ngga nyambung satu sama lain....:)

Saya sendiri ngga terlalu peduli dengan dukung2an tapi lebih
kepada konsistensi terhadap kebenaran logika. Bila saya lihat
ada logika yang ngga nyambung, jelas perlu dikritik dan diperbaiki.
Tapi kalau hanya berupa suatu pandangan yang tidak sejalan dengan
kita, saya biasanya ngga mau berargumentasi panjang2.
Paling2 juga tanya dasar pemikirannya, setelah itu ya ngga perlu
dipusingin. Namanya juga opini/pandangan seseorang, masa hal
seperti itu mau didebatin, khan bisa jadi debat kusir.

Makanya saya sering tegas2 meminta membedakan hal2
tersebut.

Biasanya, kalau suatu pernyataan atau kesimpulan yg
tidak didukung dengan dasar logika yang kuat lagi konsisten,
akan dengan mudah dijungkirbalikan.