Sungguh amat disayangkan, tapi itulah kondisi keamanan Indonesia saat ini.
Makanya dulu saya pernah menyarankan agar mahasiswa sebelum pulang ke tanah
air kembali belajar ilmu beladiri yang biasanya banyak tersedia di gym
kampus. Paling tidak sebagai ilmu tambahan kalau nantinya diperlukan. Tapi
memang banyak sih yang meremehkan, dengan anggapan bahwa kejahatan itu sudah
biasa tapi tidak akan pernah menyentuh mereka. Sungguh hal yang agak naif
kalau saya bilang.

Di Fort Collins, Colorado, ada tempat untuk latihan menggunakan senjata api
untuk umum, dimana tim SWAT di Colorado selalu latihan. Saya pernah
ditawarkan, tapi berhubung jauh dari Denver ( hampir dua jam perjalanan )
makanya ngga pernah dateng. Mungkin nanti kalau sudah mau pulang ke Indonesia
dan ngga ada kerjaan saya mau iseng iseng datang untuk latihan. Buat rekan
netters yang mempunyai akses untuk belajar ilmu beladiri apapun, saya
tekankan anda untuk mencoba.

Sayang ilmunya yang anda cari selama bertahun tahun disini kalau setelah
beberapa bulan kembali ke tanah air andanya harus mati konyol cuma gara gara
tidak bisa melawan perampok. Mudah mudahan saya ngga bersifat terlalu extreme
disini, cuma sekedar mengingatkan kalau tanah air itu sekarang kondisi
keamanannya lebih parah daripada kota yang anda tinggali di Amerika. Kita
harap saja semoga di hari esok keadaan yang mengecewakan saat ini dapat
berubah menjadi lebih baik.

Arya