Bravo Mas Eko Supriyanto!, Bravo PERMIAS ! Bravo Permias LA! Bravo UCLA!

Kemarin saya sempat berbicara dengan mas eko dan dia juga mempunyai misi
pribadi untuk memperkenalkan budaya jawa/bali ke Madonna, so jangan kaget
bila suatu waktu Madonna bernyanyi dengan iringan gamelan jawa/bali? who
knows right? isn;t that cool?

So siapakah "Bintang Permias" berikutnya? Mari kita semua mempromosikan
teman-teman kita yang ber"Kualitas". Let's show to the World, what
Indonesian could do!

Dan nanti pada edisi berikutnya: http://publikasi.permias juga akan memuat
berita mengenai "Bintang-Bintang Permias".

salam,
-t-

###
Selasa, 03/04/2001 - 23:03 WIB
Penari Indonesia Ikut Tim Madonna

WASHINGTON - Setelah melewati seleksi sangat ketat, Eko Supriyanto, 29,
mencatat prestasi dengan menjadi orang pertama Indonesia yang menjadi bagian
tim diva pop dunia, Madonna. Penata tari Cah  Magelang ini akan mendampingi
tur dunia Madonna ke Eropa dan AS selama musim panas yang dimulai Juni
mendatang.

Kepastian keikutsertaan Eko mendampingi superstar pop dunia Madonna itu
diumumkan oleh jubir Madonna, Liz Rosenberg, di New York, kemarin. Tur dunia
Madonna kali ini merupakan yang pertama sejak meluncurkan Girlie Show
delapan tahun lalu. Bahkan, pemerhati seni pop dan media massa AS
menganggapnya sebagai "yang terbesar dalam sejarah musik modern".

Wartawan Jawa Pos di Washington DC Ramadhan Pohan melaporkan, Eko
Supriyanto, seniman tari lulusan Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI)
Surakarta itu, selama tiga tahun terakhir berdomisili di Los Angeles. Selain
itu, dia baru saja menamatkan S2, master of fine arts (MFA), untuk bidang
koreografi dan performance dari kampus UCLA, Department of Worlds Arts
Culture, Los Angeles.

Terpilihnya Eko mendampingi tur Madonna yang dimulai dari Barcelona,
Spanyol, dan dilanjutkan ke kota-kota besar Eropa dan Amerika itu sebenarnya
cukup mengejutkan. Sebab, semua penari internasional tahu seleksi seperti
ini sangat ketat dan berat. Bagi Eko, semua adalah kebetulan dan memang
nasib baik.

Kepada Jawa Pos, Eko menyebutkan nasib yang membawanya bersama Madonna itu
berawal dari keikutsertaan Eko membantu seorang temannya yang sedang
mementaskan MFA Final Concert di Highways Performance Space, Los Angeles.
"Dua hari setelah itu, saya mendapat telepon dari seorang perempuan bernama
Briana dari Khazilian Spancer Dance Agency cabang LA. Dia mengundang saya
untuk mengikuti seleksi di tempat Madonna untuk pembuatan klip video dan
world tour," tutur Eko.

Pemuda kelahiran Astambul, Kalsel, yang di Indonesia banyak menari dan
belajar dengan koreografer seperti S. Pamardi, Sardono W. Kusumo, S. Maridi,
dan S.Ngaliman ini pun memberanikan diri ikut tes.
"Saya pikir kenapa nggak. Have fun sajalah. Dan, siapa tahu ketemu Madonna,"
timpalnya.

Seleksi pertama dilakukan 27 Maret di North Hollywood dan diikuti 300 penari
profesional yang semuanya dilengkapi dengan kostum, mulai yang berciri
flamengo, India, balet, sampai akrobatik. Kepiawaian anak pertama dua
bersaudara dari pasangan Soebardjono dan almarhumah Supriyati ini terbukti
ketika berhasil lolos seleksi pertama.

"Saya hanya berimprovisasi menggunakan tari gaya saya sendiri, yaitu
penggabungan silat, tari Jawa, dan modern dance," jelas Eko.
Seleksi kedua, 30 Maret, tinggal diikuti 60 penari. Selanjutnya, terus
dilakukan seleksi berlapis-lapis.

"Kemudian hanya tinggal 15 penari dan saat itulah Madonna yang menyeleksi,
dibantu beberapa asistennya. Terakhir, hanya diambil empat penari cowok,"
timpal Eko lagi.
Dewi fortuna terus menguntit Eko sampai akhirnya benar-benar terpilih
mendampingi tur dunia Madonna yang mulai 1 Juni nanti.

"Dari situ, saya kemudian pulang. Sesampai di apartemen, saya mendapat
telepon dari agen saya, dari manajer tur Madonna, dan juga langsung dari
Madonna sendiri," ungkap Eko, dengan vokal tetap merendah.

Tur dunia Madonna kali ini memang benar-benar terkomplet dan paling
diseriusi rocker pop yang suka berkostum berani di atas panggung itu. Hit
Madonna yang bakal dibawakan selama tur dunia kali ini termasuk Don’t Tell
Me dan single terakhir megastar ini What It Feels Like for A Girl.

Jubir Madonna sendiri tidak menjelaskan lebih jauh berapa lagu yang bakal
dibawakan dan berapa lama waktu dihabiskan Madonna untuk sekali manggung.
Eko berharap memetik banyak pelajaran baru dari keikutsertaannya sebagai
penari mendampingi bintang yang sering bertingkah binal dan urakan itu.

Untuk level penari dan koreografi di AS sendiri, Eko sebenarnya bukan orang
baru. Sebelum digaet Madonna, Eko baru saja memenangi American College Dance
Festival (ACDF), dua pekan lalu. Dalam even prestisius ini, Eko mewakili
UCLA. Ini even kedua yang diikutinya sekaligus menyusul kemenangan
pertamanya tahun 1999

http://www.jawapos.com/cetak/detail.php?u_kat=10141