Pengalaman di INS:

Hari rabu tgl 5 maret 2003, saya mendaftarkan diri di kantor INS Santa Ana.
Kira kira saya tiba di lokasi pukul 6:45am. Ada para petugas ins yang
menanyakan pada orang orang yang sedang antri. Bagi yang hadir untuk
"special registration" diminta untuk langsung ke antrian paling depan biar
bisa cepat diproses. Jadi gua maju aja deh ke paling depan. Trus kedalem di
tanya segala pertanyaan lah, dari yang di US dari kapan? Udah berapa kali
kamu ke US? Disini sedang apa? Kerja dimana? Alamat dimana? Pokoknya sekitar
itu saja...O iya. Tidak terlupakan kita di minta untuk Sidik jari nya.

Case saya adalah Visa F-1 masih berlaku sampe 2005, tapi saat ini lagi tidak
bersekolah karena keadaan krismon di Indonesia. Saya juga menceritakan case
saya ini terhadap petugas INS, tapi mereka tidak bisa apa apa hanya mencatat
saja. Dan mereka juga bilang segala keputusan adalah di tangan INS-JUDGE.
Lalu mereka bilang kita akan ditahan sementara selagi mereka memproseskan
background check kita, apakah ada terlibat kasus kriminal ato tidak?? Kalo
tidak ya, saya sarankan sih "tenang-tenang sajaaaaa."

Lalu mereka mengikuti proses penahan yaitu kita di borgol sebentar di
pindahkan ke santa ana jail. Petugas INS nya juga bilang bila kita bisa
selse melakukan proses background checknya cepat tentu kamu akan kita
bebaskan pada hari yang sama. Bila tidak the next 24 hour akan dibebaskan.
Lalu tunggu sampe dapet surat panggilan ke court untuk mendapat kepastian
status kita disini dari Judge; apakah diminta pulang secara sendiri (bukan
di deportasti / record baik = masih bisa balik ke US lagi) ato dilegalkan
mungkin dapet working permit.

Pengalaman saya di santa ana jail adalah lumayan seru juga. Heheheh banyak
sekali cerita sana sini yang kesan nya menyeramkan. Tapi tenang deh!!! Saya
didalem jail malah main ping pong, main bola kecil, nonton lakers. Pokoknya
tidak ada kesan yang menyeramkan sama sekali. Didalem jail pun kita bisa
meng-collect call ke siapa aja yang kita mau, tidak ada batas "one phone
call only or anything else." Dan kita juga dapet kebebasan untuk terima
pengunjung (visitor). Nggak ada batas juga...jadi yaaa TENANG AJA DEH!!!
hehehehhehe

Besoknya saya dipanggil dan di transfer ke westminister untuk di ambil foto
dan proses sidik jari lagi, dan dikasih tau bail bond (uang jaminan) kita
berapa. Lalu saya collect call ke teman saya untuk tolong mengatur &
membayar uang jaminan nya di kantor INS-LA.

Kemudian kita di transfer ke kantor INS yang di LA. Tidak lama kemudian nama
saya dipanggil karena Alhamdulillah uang bail saya sudah terbayar, sebesar
$1,500.00. CATATAN NIH: uang bail bond (uang jaminan) akan di kembalikan
100% bila casenya sudah selse. Inget guys, this is bail bond and a fine fee.
Kalo kita bayat ticket itu kan FINE bukan bail maka dari itu bila kita bayar
fine tidak dibalikin uang sepeser pun. Gampangnya Bail Bond kita,
Insya-Allah akan dibalikin 100% setelah court selse.

Kurang lebih 2 minggu kemudian saya trima surat panggilan ke court untuk
tanggal 14 April 2003. Insya allah nanti bila saya sudah terima keputusan
dari Judge Ins akan saya kabarkan kembali.

Thanks guys....

Kirim email ke