Rekan-rekan radio amatir dari ORARI di lokasi korban bencana
memberikan bantuan komunikasi kepada semua pihak. Infrastruktur
telekom, listrik dan transportasi darat telah lumpuh. Para
sukarelawan/wati operator radio amatir dan perlengkapan radio mereka
nampak amat bermanfaat dalam situasi sedemikian. Ini juga didukung
oleh Radiogram BanKom dari pengurus ORARI Pusat di Jkt untuk
mendukung BASARNAS. Di AS, kegiatan spt ini dikenal sebagai ARES
(Amateur Radio Emergency Services). /w/

--<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Mungkin reporter Metro TV di Medan memonitor frequensi 146.30 MHz.
Karena
semula breaking news Metto tv pertama kali menjadi bahan tertawaan
karena
informasinya nggak akurat. Sementara 10 menit setelah Medan bergetar
kami
sudah memperoleh data daerah mana saja yang terkena. Mengingat
repeater
146.30 MHz ini sudah di link ke Seluruh sumatera Utara kecuali pulau
Nias
dan melalui repeater ini juga dilakukan pertukaran informasi dengan
rekan-
rekan di Kuala lumpur yang juga terjadi bencana di Malaysia.
Frekuensi emengency digunakan di Medan dan Serdang bedagai adalah
146.080
MHz (repeater). Bahkan seluruh unit ambulance ke Pantai Pulau Puteri
Perbaungan hingga rumah sakit melati dan rumah sakit Adam malik di
Medan di
lengkapi transceiver dan menggunakan frekueni 146.080 MHz. Walaupun
banyak
gangguan telepon wireless yang salah satunya adalah milik Pertamina.
Kapan penertiban ya .... ?

Zulkarman Syafrin - YC6PLG
----------------------------------

On Mon, 27 Dec 2004 15:28:31 +0700, <[EMAIL PROTECTED]>
wrote :

> Semalam pada Breaking News METROTV , disebutkan adanya berita dari
ORARI
> dari lokasi musibah ini , mungkin bisa diinfokan menggunakan
frekwensi
> berapa mereka menginfokan berita itu ya ?
>
> Salam
> Wayan / YB0CBO

ARES