On Tue, May 04, 2004 at 02:46:01PM -0700, Jays wrote:
> [...]
> pls help....knapa failed.
>
> ---------------------
> Connected to localhost.
> Escape character is '^]'.
> 220 xxx.co.id ESMTP Postfix
> ehlo gue.com
> 250-xxx.co.id
> 250-PIPELINING
> 250-SIZE 1024000000
> 250-ETRN
> 250-AUTH LOGIN PLAIN DIGEST-MD5 CRAM-MD5
> 250-AUTH=LOGIN PLAIN DIGEST-MD5 CRAM-MD5
> 250-XVERP
> 250 8BITMIME
> auth mysql dGVzdABqYXlzQGluZm8uZ3VuYW51c2EuY28uaWRT
coba pada /etc/postfix/master.cf, edit baris pertama (yang tanpa
komentar) menjadi:
smtp      inet  n       -       n       -       -       smtpd -v

-v di akhir itu untuk menyatakan "verbose", atau "keterangan lebih
lengkap". Keterangan ini yang di tampilkan di log. misal log mail anda
di /var/log/mail.log, maka sebelum menjalankan test autentikasi,
jalankan:
 shell$ tail -f /var/log/mail.log

perhatikan keterangan di log tersebut untuk mengetahui bagian mana yang
salah. Semoga membantu

--
Program Diploma Teknik Elektro
Universitas Gadjah Mada