Halo semua .......

Tu de poin :
Critanya gini nih. Saya teh bikin mail server mainan di desktop saya yang pake debian sid kernel
2.4.27, postfix 2.1.4, amavisd-new 20030616p10-3, clamav 0.75, spamassassin 2.64.
Setelah baca artikel sana sini, akhirnya percobaan sampe di telnet berhasil sudah....
E-mail bervirus maupun teridentifikasi sebagai spam sudah bisa diberantas.
Cuman yg saya bingung, saya nggak bisa retrieve e-mail dari account saya tersebut pake e-mail
client apps kayak mozilla thunderbird, outlook, dll.
E-mail yang saya pake percobaan selalu nyangkut di /var/mail/username. Kalo nggak salah kayaknya
ada format maildir mbox ato apa pun yang saya nggak ngerti ( maklum noobie banget ).
Saya udah coba install courier-pop, tapi hasilnya nihil.
I know I miss something here. Mungkin konfigurasinya mesti dioprek lagi.
Mohon percerahannya dong...kalo ada work around buat bikin mail server yg typikalnya sama.
Sebagai tambahan info, mesin yg saya pake terhubung langsung ke jaringan dimana terdapat mail
server beneran. Yg saya pengen cuman bikin mail server biar bisa kirim e-mail di internal network
pake domain saya sendiri. Kan keren .... ;-)

cheers,

welly