Thanks Mas Reza,

Apakah ada hal2 yang perlu diperhatikan supaya clamdnya tidak stop sendiri? soanya ini server udah up lebih dari 1 bulan.

Sebenarnya saya sendiri yakin kalau clamd-nya udah loaded, soalnya saya sudah mencoba clamd reload, dan tidak menghasilkan error msg. setelah clamd, saya lakukan amvisd reload juga.

Saya akan coba rm /tmp/clamd-nya

thx atas tipsnya

re,
id