On Mon, Sep 26, 2005 at 04:38:43PM +0700, Nyoman wrote:
> Lalu file /etc/postfix/header_checks isinya sbb :
> /^To: .*yahoogroups/  REJECT
>
> Dengan perintah tsb diatas semua milis yang berasal dari yahoogroups diblok.
>
> Pertanyaannya :
> Dari perintah tsb diatas, gimana caranya membuat pengecualian terhadap
> beberapa milis dari yahoogroups yang tidak ingin saya blok..???

Kalo header_checks itu dibaca oleh postfix dari atas ke bawah dan
first match wins (begitu ketemu match maka rule2 yg berikutnya tidak
diproses lagi), maka anda bisa bikin pengecualiannya di atasnya yg
reject itu toh?

In general:
        pengecualian 1
        pengecualian 2
        default rule yg lebih luas, ngematch semua lalu either reject
                atau accept

Di header_checks:

Menurut saya regex kalo bisa patternnya dibuat sespecific mungkin, jgn
nanggung2. Kalo kayak di atas, anda bisa aja mereject email yg
ditujukan ke [EMAIL PROTECTED] (misalnya). Dan jangan
memfilter posting milis dr header "To" karena tidak selalu reliable,
cari yg pasti unik dan reliable, seperti List-Id kalo di yahoogroups
dan kebanyakan milis lainnya.

Ronny