On Fri, Jun 02, 2006 at 06:19:05PM +0700, [EMAIL PROTECTED]
wrote:
> Hallo, salam kenal.. saya baru saja menginstal postfix..masih newbie
> nih :p ada bbrp hal yang ingin saya tanyakan pada awalnya saya
> memakai hostname "aa.co.id" untuk coba2 setelah itu saya mengubah
> hostname saya menjadi "mail.domain.com" tetapi mengapa dalam
> pengiriman tetap tertera nama "aa.co.id" ? (saya mengeceknya di
> account penerima, mis pengirim nya adalah sender, maka yg tertulis
> di account penerima adalah [EMAIL PROTECTED]) padahal saya sudah
> menjalankan postfix reload, bahkan restart server.

Coba paste ke sini output dari 'postconf -n' dan 'hostname'.

> selain itu, hal lain yg ingin saya tanyakan adalah apakah jika smtp
> server kita ingin mengirim mail ke domain lain (mis: yahoo,
> gmail..dll) apakah memerlukan relay server atau smtp gateway?

Tidak. That's how SMTP servers work.

Tapi (terutama utk pengguna rumahan) mungkin ada sebagian kecil
situasi yg mungkin mengharuskan demikian (e.g. outgoing port 25 diblok
oleh ISP), atau lebih praktis kalo begitu (e.g. tidak punya reverse
PTR record jadi sering kena reject).

> mengapa postfix yg saya instal tidak bisa?

Apa tepatnya yg anda coba? Dan apa tepatnya yg anda alami? Semakin
detil info dr anda maka semakin kita lebih bisa membantu. Cuplikan dr
logs akan membantu sekali.

> semua konfigurasi postfix saya masih default.

Defaultnya siapa? postfix atau distro? Pastinya ya mesti lihat
'postconf -n' itu minimal.

Ronny