Angky R wrote:
iant wrote:

Waduh...Saya sih dulu implementasi dari tutor sana bisa (tapi sudah agak2 lupa nih :-D) Tapi implemantasi disclaimer ini saya terapkan hanya untuk outside saja, jadi email yang masuk tidak saya kasih disclaimer, dan intinya ada di master.cf. berikut isi master.cf yang saya gunakan untuk disclaimer

smtp      inet  n       -       n       -       -       smtpd
192.168.0.2:smtp inet n - n - - smtpd -o content_filter=dfilt:-
dfilt     unix    -       n       n       -       -       pipe
flags=Rq user=filter argv=/usr/local/etc/postfix/disclaimer -f ${sender} -- ${recipient}

dengan asumsi bahwa yang masuk via smtp dengan ip localhost atau selain 192.168.0.2 tidak dimasukan disclaimer tetapi jika yang lewat via 192.168.0.2 harus ditambah disclaimer dan user local dipaksa untuk akses yang 192.168.0.2.

Semoga membantu :-)

bung angky , klo settingan nya pake clamsmtp gimana ?, apa sama aja atau ada yg harus di setting lagi?
trims untuk sharing nya

iant

Analoginya sama saja ko, ngak ada pengaruhnya dan saya implementasinya gabung dengan amavisd-new.

ok thanks ye :-)  , ane mo coba dulu nih , after lunch

iant