Yudi Wijaya wrote:
> [...]
> pun kadang nggak sampai, belum lagi dipotong yang request2 browsing,
> dsb. Apalagi ada bagian sales yang harus kirim e-mail ke agent2 kita
> sebesar 500 KB - 1 MB untuk 10-20 orang setiap hari. Kadang kasian,
> kerjaan dia cuma nungguin e-mail terkirim, begitupun si boss nggak
> suka waktu dia terbuang cuma karena kirim e-mail
>
> Rencananya nih, saya mau pasang SMTP Server di belakang Router (NAT),
> jadi pakai IP local (bukan public). Hmm.. pertanyaan 1. apakah untuk
> set domain name boleh asal? contoh: jakarta.company1.com dan

Tidak ada masalah untuk pengiriman, tapi yang jadi masalah adalah
penerimaan disisi recipient jika sisi recipient menerapkan restriksi
domain2 yang tidak valid akan direject.

> 2. Apakah harus sediakan 2 PC sebagai SMTP Server ? untuk 2 perusahaan
> berbeda, lalu bagaimana dengan yang pakai smtp.telkom.net ?

satu saja cukup untuk semua

> 3. Apakah memungkinkan bila [EMAIL PROTECTED] kirim e-mail maka
> otomatis postfix meneruskan e-mail tersebut melalui smtp.company1.com
> dan menggunakan authentikasi [EMAIL PROTECTED] ? Begitu juga pada
> company2 dan smtp.telkom.net

Postfix bisa merelay email melalui satu smtp upstream, tapi jika
menggunakan autentikasi, wah ini saya ndak tau, mungkin yang lain bisa
menjelaskan

> 4. Apakah postfix mampu menangani antrian e-mail sampai puluhan atau
> ratusan per hari ?

Bisa banget, hanya sekarang yang jadi pertanyaan, bandwidth upstream
anda cukup nggak?

--
- Cygnus -

'Veritas vos liberabit'