Di kantor saya menggunakan Speedy (ADSL) - unlimited.
Nah, di kantor ada divisi sales yang sering kirim2 e-mail ke agents (-/+
100 recipient) kita sekitar 100 KByte - 1 MB per e-mail.
Masalahnya sering trouble dengan kirim e-mail nih... baik menggunakan
port 25 smtp.telkom.net atau port 25-nya private smtp webhosting kita
(di masterwebnet)

Sepertinya speed upload (terutama port 25 - kirim emailnya) sangat
lambat, lalu tidak bisa terlalu banyak recipient (To) dalam 1 e-mail :(

Kira2 ada temen yang bisa memberikan solusi?
1. Saya mikir apakah sebaiknya kita sewa 1 koneksi internet yang khusus
& bagus untuk smtp, jadi di router untuk kirim e-mail dilarikan ke
koneksi internet tersebut, kira2 bagusnya pakai koneksi internet apa ya?
yang uploadnya besar... karena rata2 download aja yang besar, uploadnya
kecil.
Kebutuhan sih untuk koneksi internasional (bukan IIX), karena smtp
webhosting kita (masterwebnet) di amerika.
2. Bagaimana konsep kirim e-mail? Misalnya kalau 1 e-mail (5 KB) To-nya
banyak (contoh: 10 recipient), apakah itu berarti membutuhkan waktu 5 KB
x 10 recipients ?
3. Apakah bedanya CC dan To, rasanya sama saja ya.. sepertinya cuma
memperjelas bahwa ke orang tersebut To dan carbon copy-nya ke orang
tertentu lagi?

4. Mengenai Thunderbird, teman saya ada masalah.. sudah rapi2 ketik
e-mail.. eh  pas dikirim, diterima sama orang tersebut, hasilnya malah
berantakan, kenapa ya?
Apakah ini pengaruh pakai format Plain Text Only, Rich Text Only, &
Plain Text and Rich Text ??
Bagaimana yang benernya ya? karena biasanya teman saya kirim e-mail
pakai outlook bagus2 aja tuh... sekarang malah berantakan.
Seperti bikin tabel pakai plain text trus di TAB begitu.. buat rapiin...
hasilnya berantakan

Terima kasih banyak yach,
Yudi