DH

Saya membangun virtual mail server di Gentoo dengan panduan dari
http://www.gentoo.org/doc/en/virt-mail-howto.xml.  Dengan webmail
(Squirrelmail), server berjalan dengan baik. Ada user yang mengusulkan
untuk bisa menggunakan POP3 baik dari dalam maupun dari luar jaringan.
 Saya coba dengan Outlook, bisa login (diset di port 995 untuk POP3
dan 465 untuk SMTP) ke server dan receive mail, tapi tidak bisa kirim
email.  Ada baounce 'Relay access denied', dan di log mail ada :

Feb 18 15:57:39 mailserver postfix/smtpd[8798]: NOQUEUE: reject: RCPT
from unknown[10.10.48.27]: 554 5.7.1 <e.atmo...@gmail.com>: Relay
access denied; from=<e...@umy.domain.com> to=<e.atmo...@gmail.com>
proto=ESMTP helo=<MyDesktopComputerName>

10.10.48.27 adalah gateway lokal, yang terhubung ke mailserver lewat
interface ip lokal (mailserver ada 2 ip, 1 ip publik dan 1 ip lokal),
MyDeskcopComputerName adalah nama komputer yang saya pakai untuk
berkirim email.

Di main.cf sudah ada :

smtpd_recipient_restrictions =

        permit_sasl_authenticated,
        permit_mynetworks,
        reject_unauth_destination

Apa yang perlu di set lagi supaya user bisa menggunakan pop3 baik dari
dalam maupun dari luar?

Terima kasih sebelumnya.

Wassalam

Ery