On Tue, Feb 02, 2010 at 07:53:26AM +0700, Imam Cartealy wrote:
> salam
>
> yup, benar... ahhhh, bedanya kan tipis, cuman o=~ dan o=- :)
>
> btw, caranya pake port 587 gimana ya ?

Langsung saja pake pak, jika anda pakai outlook express, seting port
smtp yg biasa default 25 diubah ke 587 agar email keluar bisa disign.
Sebaiknya dites dulu pakai telnet ke mail server dengan port 587.

> kalo saya baca dari blog tsb cukup ditambahkan ini aja di master.cf ya ?
>
> -o content_filter=dksign:[127.0.0.1]:10027
>
> benar begitu ?

Menurut blog tsb, ini ditambahkan apabila kita tidak menggunakan port default
587, tapi tetap menggunakan port lama yakni 25. Saya sudah coba, tetap saja
email keluar tidak disign. Lebih baik pakai yang standar saja. Karena
port 587 merupakan protokol standar untuk submission. Dengan kata lain
educate user, kalo mereka ingin email keluar disign gunakan port 587.

--
Arief Yudhawarman
http://awarmanf.wordpress.com