On Fri, 2010-05-28 at 11:45 +0900, Tanya Muluw wrote:
> DH
>
> Saya membuat mail server dengan Postfix di Gentoo dengan panduan utama
> dari
> http://en.gentoo-wiki.com/wiki/Virtual_mail_server_using_Postfix,_Courier_and_PostfixAdmin
> dan http://www.gentoo.org/doc/en/virt-mail-howto.xml.  Di firewall
> dengan iptables, mulanya kami menggunakan pendekatan negatif list
> (policy open), email berjalan dengan baik.  Sekarang kami coba
> firewall dengan pendekatan positif list (policy drop), kami sudah buka
> port 25 dan 443, bisa kirim email tapi tidak bisa terima email.  Di
> [...]

Agar anda bisa menerima email di computer anda dari server yang baru
anda buat, di server harus di install POP3 server, biasanya sih Courier
IMAP.
Jika sudah di install, pastikan services/daemon nya sudah jalan, coba
ketik:
netstat -tplan

Contoh:
r...@proxy:/var/www/html # netstat -tpln
Active Internet connections (only servers)
Proto Recv-Q Send-Q Local Address               Foreign Address
State       PID/Program name
tcp        0      0 0.0.0.0:110                 0.0.0.0:*
LISTEN      3821/couriertcpd

kalau ada 0.0.0.0:110 di bawah local address, artinya daemon POP3 nya
sudah listen di semua interface.
Jika belum check lagi file konfigurasinya, jika sudah terlihat seperti
di atas dan belum bisa ngecheck email dari client, check firewallnya,
pastikan port 110 terbuka

Nyoman