From:  "afib rizal" <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: salam kenal
To: [EMAIL PROTECTED]

"dengan hormat.
saya kemarin secara tidak sengaja telah menemukan
alamat pribadi anda di internet. Saya juga sempat
membaca tulisan anda tentang bagaimana menulis di
media cetak dan saya sangat terkesan akan hal itu.
Perlu anda ketahui, saya sangat rutin untuk menulis di
media.hampir tiap minggu saya melakukanya. Tapi sampai
saat ini belum satu pun tulisan saya dimuat. Rasa
jengkel dan bosan pun sering kali menghantui,
Bagaimana cara mengatasinya?"
hormat kami,

afib rizal
--------------------

Saya senang membaca email ini, bukan karena di situ
isinya memberi apresiasi dg posting saya di milis ini.
sama sekali tidak.

yg membuat saya senang, karena saya melihat kegigihan
dia untuk terus menulis yg artinya (1) dia rajin
membaca dan aktif mengikuti perkembangan informasi;
(2) dia memiliki mental yg baik: rasa percaya
diri/keberanian, kegigihan dan kepedulian/sensitivitas
tinggi. Tiga nilai kepribadian yg hanya dimiliki oleh
mereka yg mempunyai dasar-dasar kualitas kepemimpinan
masa depan.

Pada waktu yg sama, email tsb. membuat saya merasa
sedikit unhappy dan sedih. Semua posting-posting saya
di milis ini utamanya saya tujukan pada
mahasiswa/masyarakat Indonesia di India. Untuk
membangkitkan dan memberikan penyadaran betapa
pentingnya seorang mahasiswa itu mengikuti arus
informasi setiap harinya; menganalisanya dan
mengekspersikan analisisnya dalam bentuk opini atau
surat pembaca di koran atau di milis.

Faktanya adalah bahkan untuk membaca info di milis
internal saja terkadang tidak dilakukan. Apalagi
membaca informasi bagus di milis umum
[EMAIL PROTECTED] Tidak heran kalau kemudian
kita dianggap mahasiswa yg suka disconnected dg
realitas di tanah air; disconnected dg realitas di
sekitar lingkungan sendiri; disconnected dg berbagai
macam permasalahan. apabila waktu online hanya habis
untuk friendster, yahoo messenger, msn-chat dan waktu
offline hanya untuk bergosip, main kartu dan nonton
film sepanjang malam; kapankah waktu untuk membaca dan
berfikir?

Kembali pada mahasiswa di atas, saya kemudian membalas
emailnya dan memberinya sedikit dukungan agar tetap
menulis. Dimuat atau tidak dimuat itu soal lain.
Jawaban saya sbb:

-----------------
"dear afib,

terima kasih atas apresiasinya. tulisan yg blom dimuat
media bisa krn. tiga hal (1) krn. standar umum
penulisan blom dicapai (jumlah minimal/maksimal kata;
standar penyampaian/ekspresi); (2) tema tulisan lagi
tdk hot/kurang menarik; (3) angle (sudut pandang)
kurang disuka media yg dikirimi tulisan.

bila ketiga hal tsb. sudah dicapai, tp blom dimuat
juga, maka satu sebab utamanya biasanya karena tulisan
anda bertabrakan dg tulisan serupa yg dikirim oleh
figur terkenal.

solusi:

(1) seperti yg sudah saya tulis (apakah anda sudah
membaca semua tulisan saya dalam soal ini?), jgn hanya
mengirim tulisan anda ke satu media; kirim ke berbagai
media. tp dg tenggang waktu (jgn dikirim dalam hari yg
sama). misalnya, selang antara tiga sampai 7 hari.

(2) coba anda kirim ke media ibukota dg segmen/oplah
kecil dan media daerah.

(3) untuk membangkitkan kepercayaan diri kembali,
kirim juga tulisan anda ke media online yg saat ini
menjamur.

(4) kirim juga surat pembaca ke media-media
nasional/daerah yg berupa tanggapan atas
berita/editorial/opini orang di media tsb.

selamat terus mencoba and jangan pernah putus asa.
keberhasilan tidak pernah menyertai orang yg putus asa
dan tidak gigih. :)

salam kenal dan selamat hari raya idul fitri,"
----------------------

semoga ada manfaatnya buat rekan2 mahasiswa India
program S1 S2 S3.

selamat idul fitri, maaf lahir dan batin,

Mario Gagho
Agra University
www.ppi-india.org
---------
A WINNER works harder than a loser and has more time.
A LOSER is always "too busy" to do what is necessary.

http://mail.yahoo.com

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/igXolB/TM