Mas Anis dkk
Alhamdulillah nama saya masih masuk DPT, bahkan DPT yang ada di kampung saya di
Bogor.  Jadi kemarin pas pemilu masih dapat kesempatan nyontreng empat lembar
surat suara di TPS yang berjarak cuma 30 meter dari rumah.

Mengenai kemenangan PD, dugaan kecurangan lewat DPT harus bisa segera
diselesaikan.  Kalaupun ada kecurangan, saya melihat PD bermain cantik karena
CUMA dapat suara 20-an%.  Padahal kalau mau curang, sekalian aja atuh dapat 40%
(biar masuk rekor dunia akhirat).

Kemenangan PD bukan sesuatu yang aneh.  Dari banyak obrolan dengan beberapa
orang, saya mendapatkan kesan begini:
1. SBY benar2 menjadi kunci kemenangan, karena masih mendapat citra yang luar
biasa.  Meskipun pemerintah merupakan koalisi dari banyak partai, tetap yang
terlihat adalah sang presiden, yaitu SBY.  Ibaratnya, partai lain yang sibuk
kerja di kabinet, PD yang menikmati...
2. Banyak orang menyatakan syukur begitu mendengar PD menang, karena mereka
masih berharap SBY jadi presiden.  Beberapa orang yang saya temui malah
menyesal gak milih PD dalam pilleg kemarin.
3. Tentang kelanjutan pemerintahan, banyak orang masih merasa nyaman dengan
pemerintahan yang sekarang dan khawatir tidak lebih baik jika pemerintahan
diganti dengan orang lain yang belum mereka ketahui prestasinya.

Money politics?  Banyak.... dua hari sebelum pencontrengan, saya dapat kiriman
baju koko, istriku dapat kiriman kerudung, langsung dari tangan salah satu
caleg yang juga Ketua DPD partai tertentu yang mengunjungi rumah satu per
satu.

Seorang tetangga minggat karena dikejar2 tetangga lain yang minta uang yang
dijanjikan setelah mencontreng.  Kenapa minggat?  Si Partai belum memberikan
uang kepada tetangga yang jadi calo suara ini....

salam,
bagusco
*hiks... partai yang kucontreng cuma dapat suara sekitar 5%*

--- On Mon, 4/13/09, Sulistiono Kertawacana