--- amartien <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> "1. Irak diserbu...., alasannya apa.. silakan
> dicari... dan apakah alsan itu masih bisa diterima
> masyarakat internasional..'
>
> Sebelum Irak di serbu seluruh PBB, EU semua
> mengatakan bahwa Irak mempunyai WMD.

FAKTA: PBB tidak mendukung penyerbuan (tidak ada
resolusi PBB). Jadi penyerbuan itu secara hukum
internasional adalah ILEGAL (beda dengan Perang Teluk
1991). Di EU, sebagian besar negara (terutama Perancis
dan Jerman) menentang penyerbuan. Sebelum penyerbuan,
tim PBB di Irak menyatakan, TIDAK menemukan satu pun
bukti ada WMD, kecuali tuduhan Amerika dan Inggris.
Jadi, kalau Anda bilang "masyarakat internasional,"
jelas bahwa MAYORITAS masyarakat internasional MENOLAK
penyerbuan ke Irak. Ini sangat jelas dan gamblang.

> "2. Afganistan...miskin dan porak poranda..."
>
> Di jaman Taliban, Afganistan jauh lebih miskin.
> Jutaan penduduk Afganistan lari mengungsi dari
> kekejaman Taliban.  Ingat kan di Indonesia ada
> terdampar pengungsi dalam perjalanannya ke negara
> kafir Australia.
>
> Pengungsi2 banyak yang sudah kembali ke Afghanistan,
> tetapi kehidupan mereka masih susah karena
> pemerintahannya Karzai di boikot oleh teroris
> Taliban.  Penduduknya di terror oleh teroris.  Di
> bunuh.

Penggunaan istilah teroris yang serampangan. Di
Afganistan, banyak kelompok bersenjata (war lords) dan
semua melakukan tindak kekerasan satu sama lain.
Pemerintah Taliban cukup otoriter, namun mereka
setidaknya menegakkan order. Ada kepastian dalam
pemerintahan. Sedangkan, sebelum munculnya Taliban,
tak ada order sama sekali, yang ada cuma kekacauan
karena semua pihak bertikai dan tak ada yang dominan.

> Bukannya teroris tsb. ikut di dalam pemilihan,
> mereka bahkan melarang dan membunuh orang Afganistan
> yang sudah tercatat utk mengikuti pemilihan umum.
> 90% dari yang berhak memilih sudah terdaftar.  Di
> Afganistan bag. tengah, menurut pres. Karazi, lebih
> dari 50% dari penduduk yang terdafter utk ikut
> memilih adalah wanita, yang seperti kita ketahui
> selama jaman Taliban di kurung di rumah.  Yang
> janda, meskipun sarjana, banyak yang terpaksa
> menjadi pe-minta2, karena tidak boleh bekerja.

Karzai adalah orangnya Amerika yang direkrut dengan
rekomendasi CIA, sehingga menggunakan ucapan Karzai
sebagai basis argumen, tentunya sudah merupakan
pemihakan tersendiri.

> Pemerintahan dari bekas tentara pendudukan yang
> kafir sudah memberikan dana trilyunan dollar utk
> membangun dari nol besar negara Afganistan.  Taliban
> yang lari dari Afganistan bukan saja meninggalkan
> Afganistan yang miskin, porak peranda, tetapi mereka
> pun menguras habis uang yang ada di bank negara
> mereka.

Istilah dana TRILYUNAN dollar itu jelas tidak akurat
dan tidak masuk akal (Indonesia yang begini besar
dengan resource besar saja tak pernah punya trilyunan
dollar, hanya milyaran dollar). Ekonomi Afganistan
dari dulu sampai sekarang (sebelum maupun sesudah
Taliban berkuasa) tidak berubah banyak. Mereka tak
sempat membangun, karena selalu terjadi perang antar
warlords yang dipisahkan oleh garis etnis (beda suku)
dan agama (sama-sama Islam, tapi lain aliran).

> Tahun lalu pem. kafir Amrik memberikan ‘aid’
> sebanyak $1,9 billion.  Negara2 kafir yang lain pun
> banyak memberikan bantuan.  Saya nggak tahu berapa
> banyak bantuan keuangan yang diberikan oleh
> Indonesia, Malaysia, Iran, Siria, dll.

Saya bertanya-tanya, mengapa selalu menggunakan
istilah "kafir"? Mengapa selalu menggunakan dikotomi
agama? Apa tidak bisa membuat argumen yang lebih
dingin dan netral? $1,9 billion itu cuma = 1,9 milyar
dollar. Tak sampai separuh dari pinjaman CGI untuk
Indonesia.

> "3. Palestina...., orang tua berkursi roda
> dirudal... dunia mengutuk dan AS diam saja.."
>
> Orang tua berkursi roda tsb. adalah pimpinan Hamas
> yang berada dibelakan pembunuhan2 penduduk sipil
> Israel.

Pembunuhan penduduk sipil tak bisa dibenarkan. Tapi
semua harus diletakkan dalam konteks lebih luas, yaitu
penjajahan dan pendudukan atas tanah Palestina oleh
Israel.

> [...]
> yang mengatakan bahwa mereka berbuat terror mereka
> tsb. atas nama agama Islam.  Jadi kalau anda berkata
> bahwa ada kampanya hitam tentang Islam, bagaimana
> kalau anda kirim sms/email/surat  ke sang teroris
> dan bilang supaya mereka jangan mem-bawa2 nama Islam
> di dalam perbuatan teror mereka.
>
> " 5. Vietnam.... (banyak manungso cacat karena kimia
> perang Vietnam... janjane peran Amerika... )"
>
> Wah, nggak ngerti nih bahasa Jermannya.  Sampai
> sekarang itu hanya tuduhan dan sampai sekarang belum
> lagi ada bukti, atau penyelidikan yang bisa

Sudah terbukti dan diakui oleh tentara Amerika
sendiri, yang jadi korban agent orange (zat kimia yang
disebarkan dari pesawat, untuk merontokkan daun-daun
di hutan Vietnam, sehingga tak bisa dijadikan tempat
persembunyian gerilyawan). Masalahnya, di dalam hutan
itu bukan cuma ada tentara Vietcong, tapi juga ada
tentara Amerika. Mereka ikut jadi korban. Bahkan di
film-film produksi Amerika, ini diakui (lihat film
Jacob's Ladder, yang pernah diputar di Indonesia) yang
tokoh utamanya adalah tentara Amerika yang jadi korban
agent orange.

> " 6. Amerika ndukung Indonesia invansi Timtim karena
> takut komunis, lalu saat suasana berubah...
> Indonesia dipenthung seakan-akan hanya Indonesia yg
> masuk Timtim (padahal amerika dan australia takut
> komunis yg dibawa Fretelin, sehingga mending
> digabung aja sama
> Indonesia)"
>
> Indonesia didalam upayanya untuk memberhentikan
> perlawanan terhadap pendudukan Indonesia bertindak
> kejam dan melakukan banyak sekali pelanggaran2 ham.

Antara pernyataan dan tanggapan yang diberikan, tidak
nyambung...

> " 7. Freeport disedot sampe kempot.. berapa persen
> yg diperoleh Indonesia?... "
>
> a.  Perusahaan asing tsb. mendapat ijin dari pem.
> Indonesia, yang kemudian tidak mempergunakan uang
> hasil kekayaan tambang tsb. untuk kesejahteraan
> penduduk setempat.  Apakah yang salah perusahaan
> asing tsb.?  Bukankah itu salahnya pemerintah NKRI ?
> b.  Perusahaan tsb. adalah perusahaan swasta, bukan
> pemerintah Amrik.

a. Ini kesalahan pejabat Indoneesia, yang bersekongkol
dengan MNC Amerika yang didukung pemerintah Amerika,
mengeruk kekayaan Papua. Sementara "tetesan" buat
penduduk setempat sangat kecil.
b. Pemerintah Amerika mendukung penuh
perusahaan-perusahaannya di mancanegara sebagai bagian
dari "national interest" mereka. Ini juga dilakukan di
Irak, di mana Amerika membagi-bagikan kontrak (tender)
proyek rekonstruksi Irak hanya pada perusahaan AS,
Inggris, dan sedikit negara yang mendukung penyerbuan
ke Irak (ini diputuskan sepihak, tanpa restu rakyat
Irak sebagai pemilik sah resources Irak, karena di
Irak tidak ada pemerintahan kecuali tokoh-tokoh yang
ditunjuk oleh Amerika sendiri). Mengapa demikian?
Kalau Anda sudah melihat film dokumenter Fahrenheit
9/11 karya Michael Moore (diputar di acara HUT AJI di
TIM, Jakarta, dan pekan ini diputar terbatas di
Bandung), mungkin Anda tak akan membuat pernyataan
naif seperti di atas.

> [...]
> mempertahankan kebudayaan mereka sendiri.  Sudah
> ber-tahun2 NGO2 menghimbau PBB dan negara2 lain utk
> berbuat sesuatu mengenai keadaan di Sudan tsb.
> Beberapa bulan yang lalu PBB mengirimkan seorang
> “special rapporteur” ke Sudan yang sekembalinya dari
> Sudan mengatakan bahwa keadaan di Sudan lebih buruk
> dari yang dia perkirakaan/duga.
>

> "tanya wong sakdunya... siapa yg suka amerika? ..
> sekarang kena batu karena justru dimata-matai oleh
> Yahudi, sekutu setianya...lihat bocornya rahasia
> Pentagon.."
>
> Ini sedang diselidiki, kita tunggu saja hasil

Ini bukan hal baru. Dulu pernah ada kasus Jonathan
Polard, warga AS keturunan Yahudi yang memata-matai
pemerintah Amerika untuk kepentingan Israel (kini
masih dipenjara).
Kemudian kasus kapal USS Liberty, kapal Amerika yang
dirudal oleh pesawat Israel sehingga menewaskan banyak
pelaut Amerika.

=== message truncated ===

http://mail.yahoo.com

http://us.click.yahoo.com/J8kdrA/y20IAA/yQLSAA/BRUplB/TM