--- antonhartomo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
> tambahkan:
>
> Freemasonry dibeberapa tempat di USA sudah terbuka.
> Sebetulnya
> kelompok ini mirip dengan kebatinan ala Eropa (tidak
> heran kalau
> Gereja Katholik menentang sangat kuatnya).
> Bandingkan saja dengan
> masalah kebatinan di Indonesia dan penentangnya.
> Zionisme dan Agama Jahudi tidak identik. Einstein
> adalah pendukung
> Zionisme, begitu pula ilmuwan ilmuwan terkenal lain
> (padahal mereka
> sekular dan tidak pernah mempraktekkan Agama Jahudi

Bahkan Ben Gurion pernah mendatangi Einstein di
Princeton, membujuk agar ilmuwan ini mau jadi presiden
pertama, sekedar sebagai father figure (macam Presiden
Abdul Kalam kali ya).  Tapi Einstein menolak tawaran
itu.

> Bahkan di New York City sekarang ini ada kelompok
> Agama Yahudi
> Orthodoks yang menentang Zionisme! Alasannya kitah
> Zionisme yang
> sekuler itu tidak sesuai dengan Ajaran Yahudi.

Dan, di kota Jerusalem di quarter Mea Shearim tinggal
Jahudi orthodox yang tidak mengakui negara Israel dan
mengaku jadi kawula negara Jordan.  opo tumon?
Mengapa?  Karena mereka percaya bahwa negara Israel
yang terbentuk 14 Mei 1948, premature, belum saatnya,
sebagai janji Eloihim.

Apalagi, Zionisme adalah, seperti kata Pak Anton,
ideologi SEKULER.  Ideologi yang dibawakan oleh
Theodor Herzl dkk itu adalah cita-cita nation-state
cum sosialisme.  Sosialisme?  Ya.  Salah satu
buktinya, di Israel tidak ada pemilikan tanah
pertanian pribadi; semua tanah pertanian sebagian
besar kibbutz (kolektif) dan sedikit yang moshav
(koperasi).  Disana, kaum buruh mendominasi politik
(Partai Buruh), punya bank, angkutan bus kota, bahkan
Palang Merah (Magen David Adom).  Yang anda lihat di
TV ambulans meraung-raung setiap kali habis terjadi
pemboman bunuh diri adalah ambulans Magen David Adom.

Begitu curiganya para rabbi (ulama jahudi) pada para
zionist, sehingga pada masa genting-gentingnya pada
masa perjuangan membebaskan diri dari mandat Inggris,
sehingga para rabbi tidak mengijinkan santrinya,
apalagi anaknya, untuk menyandang bedil bersama Palmah
dan Hagannah.

>Jadi
> kalau orang
> Indonesia asal 'ngomong', ini menunjukkan
> ketidak-tahuan dan 'anut-
> grubjug'. Dalam hal ini Gereja Kristen dan Katholik
> berperanan besar
> menyebarkan isu-isu anti-Jahudi ke seluruh dunia.

Maaf bagi yang kristen dan Katholik, ini (dulu) benar.
Pernah, anak boss saya dulu Pak Sudammanto Kadarisman,
waktu nonton film Ben Hur di video, nyeletuk:  Pak,
itu orang yang membunuh Tuhan kita, ya Pak.  Maklum
anak kecil, tapi itu tentunya didikan dari rumah,
bukan?  Memang, Jahudi dulu didzolimi di Eropa.
Dibunuh dan dibakar dijaman inkuisisi di Spanyol.
Jutaan jadi korban amuk masa (pogrom) di Rusia,
Polandia dan kerajaan kristen lainnya.

> Meskipun kemudian
> Gereja menarik kembali isu-isu tersebut (berubah
> cara pandangnya dan
> lebih positip terhadap agama Yahudi) kotak Pandora
> sudah terlanjur
> terbuka.

Baru Paus Johannus Paulus yang sekarang, yang secara
terbuka meminta maaf atas nama Vatikan kepada pemeluk
agama Yudaisme.  Meskipun, sebelumnya juga ada
pribadi-pribadi yang menentang tindakan Nazi, seperti
kisah nyata dalam film Schindlers List.

>Memang benar kata penulis tsb, Islam lebih
> toleran terhadap
> Jahudi dibandingkan Kristen terhadap Jahudi. Banyak
> sekali sarjana
> Jahudi yang bermukim di Bagdad pada jaman
> keemasannya.

Benar.  Pada saat Eropa berada pada abad-abad
kegelapan, di Al-Andalus dan Baghdad (pada masa
Abbasiyah) ilmuwan Jahudi dan Islam bahu membahu
memajukan ilmu, menggali dan menterjemahkan karya ilmu
filsafat dan logika dari Yunani (misalnya
trigonometri).  Eropa waktu itu belum kenal ilmu
Yunani, wong namanya saja Jaman Kegelapan.  Adalah
Padri Santo Thomas dari Italia yang mengenalkan budaya
Yunani ke Eropa yang kemudian jadi Renaissance berkat
perkenalannya surat menyurat dengan dengan Averroes
(Ibnu Rus).  Abbassiyah tidak saja terbuka kepada
Yunani masa silam, tetapi juga mengambil ilmu dari
Persia (Zoroaster) dan Hindu (algorithm dan bilangan
nol dari Nalanda).  Jadi kebesaran Islam masa lalu itu
terjadi pada waktu Abbasiyah yang terbuka.  Sayang
kemudian keterbukaan itu ditutup lagi, sampai
sekarang.

Jahudi merasa aman-aman saja dengan Islam.  Maimonides
justru besar pada masa kebesaran Islam.  Untuk
mengenang Maimonides, Konggres Yahudi Sedunia sampai
masa sekarang ini sering diselenggarakan di ....
MAROKO !!!.

> [...]
> Kritik
> terhadap Jahudi pada awal Islam, Jaman Medinah, saya
> melihatnya dari
> kacamata ekonomis, bukan eskatologis.
> Lobbi Jahudi di USA memang kuat, juga peranannya di
> media masa USA.
> Tetapi ini tidak berarti semua orang Yahudi
> mendukung apa yang
> termaktub di media masa. Sebagai contoh perang Iraq
> ini, yang banyak
> didukung oleh kelompok neo-konservatip (yang
> anggotanya tentu Jahudi
> dan Kristen), tetapi orang Kristen dan Jahudi di USA

Koran Washington Post dan New York Times yang boleh
dibilang ada pengaruh Jahudi ternyata juga mengkritisi
kebijakan Pres Bush soal Iraq.  Juga Capres John Kerry
yang ada darah Jahudi dan isterinya yang Jahudi tulen.

> Orang Indonesia perlu dewasa mencermati perkembangan
> dunia, kalau
> tidak mau konyol dan terbelakang.

Setuju, Pak Anton.

Salam dari Mumbai,