tepat sekali!!
kita2 sudah terlalu lama di brain wash oleh penguasa2 RI nan idiot.
Indonesia memang pernah dijajah oleh Belanda, tapi tahun yg paling
dekat untuk diakui adalah 1928 dimana ada deklarasi sumpah pemuda.
sehingga Indonesia dijajah maksimal 17 tahun dan kemudian berperang
untuk agresi 1 dan 2.

diluar itu yg ada perang antar sekutu dagang belanda dengan beberapa
kerajaan di Indonesia.

saya tidak perlu mengakui kehebatan Diponegoro sebagai pahlawan
bangsa, tapi saya menghargai dia sebagai pembela rakyatnya sewaktu
dijajah oleh sekutu dagang Belanda di tahun 1825 s/d 1830.
kalau kita bisa kembali ke tahun 1830 untuk sekedar menyerahkan
tanda bintang jasa kepahlawanan RI maka dia mungkin marah karena dia
tidak pernah mengenal konteks RI - bisa2 kita dianggap musuh yg
ekuivalent dengan sekutu dagang Belanda dalam konteks yg berlainan.
Paham?

begitu pula dengan sosok2 pembela kebenaran dimasa Indonesia belum
merdeka. Apakah anda pikir Cut Nyak Dien berperang demi Indonesia?
Non sense. Aceh menyerahkan kedaulatan kedalam RI melalui perdebatan
dan proses alot dari pemuka2 Aceh kepada Soekarno cs.
Imbasnya? Lihat kondisi Aceh saat ini.

Kalau ada individu yang merasa dijajah 350 tahun, ya monggo. tapi
saya dengan keluarga saya berusaha keras agar konsep itu tidak
nempel di otak dan hati kami.
Sehingga saat inipun, kami tidak pernah merasa dijajah.

Sorry saja...
Indonesia dijajah Belanda 17 tahun dan Thank God, nenek moyang saya
tidak pernah terjajah nuraninya untuk bersekutu dengan Belanda.
Sehingga sayapun bukan keturunan dari orang yang pernah dijajah.

Pahlawan? Terima kasih para pahlawan atas perjuangan anda tapi
meneruskan perjuangan anda bukan dengan mengakui dijajah 350 tahun
dan memusuhi bangsa2 tertentu.

Peace.

--- In [EMAIL PROTECTED], "mBah Soeloyo" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
> ya negara-negara bernama Majapahit dan Sriwijaya itu.
> APakah mereka menjajah? Ya tergantung rakyat wilayah
> yang "diindikasi" negara jajahan. Lha wong memang jamannya
> sedang begitu. Raja-raja kebesarannya diukur salah satunya
> dengan luas tidaknya negara lain yang ditaklukkan kok.
>
> Nah jaman sekarang ketika evolusi manusia mencapai tingkat
> hubungan sosial global, revolusi di bidang teknologi
> informasi.... masak masih berkutatan di paradigma lama?
> Jajah... perang.... teror.... konspirasi.... ;p.
>
> --soel--
>

> --- In [EMAIL PROTECTED], "Andi K. Yuwono"
<[EMAIL PROTECTED]>

*

*

_