Sdr. Temie Iswanto dan rekan semilis lainnya,

Saya juga sedikit kesal dengan perangai kita sebangsa
setanah air, yang terlalu banyak ribut soal politik
dan agama melulu.  Kalau begini terus, jangan-jangan
negara kita yang subur makmur ini jadi mandeg atau
malahan mundur karena orang lain maju.

Kembali ke soal Maglev di China itu, sayang komputer
saya gagal menanyangkan link yang Anda sebut itu.
Tapi kalau saya tidak salah, Maglev (magnetically
levitated trains) yaitu kereta api yang mengapung
diatas medan magnit dan digerakkan oleh motor induksi
linear itu, belum terbukti mendatangkan uang, termasuk
dinegara asalnya, yaitu Jerman.  Jadi peluncurannya di
China kalau berhasil secara ekonomis, merupakan sukses
Maglev yang pertama didunia.

Salam,
RM

http://www.shanghaiguide.com/gallery/maglevopening/IMG_0516).