Dear Nizami,

> Maaf bung Fidens,
> Ini logika orang awam ya,

Tidak apa-apa mbak Nizami. Saya juga dulu sering bertanya-tanya dengan
memakai logika orang awam. Dari situ iman saya berkembang. Tapi, dari
pengalaman saya, logika "orang-orang awam" itu tidak sanggup
mengikuti/memahami logika Allah.

> Jika Allah melarang Abraham dan Yakob berpoligami, bukankah Allah akan menegur
> langsung pada saat itu juga (mis pada surat Kejadian/Raja2)? Lagi pula Abraham dan
> Yakob itu setahu saya adalah Nabi.

Saya tidak tahu apakah ada ayat yang menunjukkan bahwa Allah menegur
nabi-nabinya karena polygamy. Tapi ada ayat-ayat lain dimana Allah
menegur nabi-nabinya, misalnya
Musa ditegur karena tidak menuruti perintah Allah --> akibatnya Musa
tidak bisa masuk ke tanah perjanjian. Daud, ditegur sewaktu dia
melakukan perzinahan.

Kalau saya boleh memakai logika orang awam juga, pada saat Allah itu
punya rencana penyelamatan yang besar dalam diri Yesus. Allah ingin
menyelamatkan seluruh orang, bukan hanya nabi-nabinya. Allah itu BIG
BOSS kita manusia. Adakah seorang BOSS perusahaan multinasional yang
sedang merencanakan investasi besar-besaran ke seluruh pelosok dunia,
mengurusi hutang tukang sapu gedung kantor cabang perusahaannya di
Pulo Gadung, tiap kali si tukang sapu nunggak kredit ?? Ini contoh
saja.

Coba mbak Nizami lihat Kejadian 2:24
"For this reason a man will leave his father and mother and be united
to his wife, and they will become one flesh. "

Orang yang menikah akan jadi "ONE FLESH", satu daging. Kalau begini,
apakah polygamy tidak mengacau-balaukan rencana Allah ?? Jawabannya
saya kembalikan pada mbak Nizami sendiri.

> Jika larangan itu diturunkan pada surat Korintus, apakah tidak terlambat? Setahu
> saya Korintus itu turun pada zaman Paulus/Yesus. Sementara antara Abraham dan Yakob
> dengan Yesus/Paulus ada rentang waktu ribuan tahun.
> Jadi jika larangan itu diturunkan terlambat, bagaimana nasib Abraham dan Yakob?
> Masuk neraka?

Tidak terlambat, karena sudah ada ayat di Kejadian 2:24 tadi. Kenapa
mereka polygamy ? Karena kurang percaya pada Tuhan Allah. Abraham
menikahi pelayannya karena ingin punya anak dan karena Istrinya sudah
mulai tua, yang menurut logika dia, sudah tidak mungkin melahirkan.
Tuhan Allah sudah menjanjikan bahwa keturunannya akan banyak seperti
bintang-bintang di langit.Tapi dia mulai ragu, dan akhirnya patah
imannya.

Nasib Abraham dan Yakob ?! Saya yakin mereka diterima di Surga meski
mereka berdosa.
Masak sih Abraham, yang dijanjikan Tuhan Allah menjadi bapak segala
bangsa, masuk neraka.

Sebelum Kristus, manusia diberikan Hukum-Hukum, Larangan-Larangan agar
mengetahui mana yang baik dan mana yang benar. Setelah Kristus datang,
kita cukup percaya pada-Nya dan menerimanya sebagai juruselamat agar
diselamatkan. Kekristenan bukanlah agama, tapi hubungan pribadi antara
seorang manusia dengan Yesus Kristus. Seorang Kristen adalah seorang
yang memiliki hubungan pribadi ini.

> Dari surat Korintus itu, saya lihat sebaiknya tidak menikah...:)

Ya. Itu yang terbaik. Seperti pastor-pastor di gereja Katolik, kalau
saya boleh ambil contoh. Tapi berhubung saya manusia yang lemah, saya
akan menikah :-).

Salam,

--
Fidens Felix Simanjuntak