Meskipun bukan saya yang ditanya, saya pikir tidak ada
salahnya saya sedikit membantu.  Penerimaan anggota
baru (dalam hal ini Turki), ada aturannya atau
mekanismenya, lihat saja di UE constitution.  Selama
ini masyarakat UE keberatan kalau Turki masuk UE,
sebab utamanya ialah:
1. Belum jadi anggota saja, UE sudah kebanjiran orang
Turki (sebagiannya orang Kurdi) baik sebagai pekerja
(Gast Arbeiter), pedagang kecil, dll.  Jadi isunya
adalah soal imigrasi.
2. Masyarakat punya gambaran bahwa Turki ekspansionis.
Ganjalan utamanya adalah apa yang disebut negara
Republik Turki Utara atau TRNC (Turkish Republic in
Northern Cyprus) yang hanya diakui oleh Turki doang.
Ceritanya, tahun 1974 dengan dalih adanya junta
militer di Yunani, maka Turki mengirim 70,000 tentara
ke Cyprus. Ribuan orang Cyprus asli terpaksa mengungsi
ke sebelah selatan.
 Sampai sekarang, puluhan ribu tentara Turki masih ada
di Cyprus sebelah utara.  UN Peace Keeping Forces
terpaksa mengamankan jalur hijau yang memisahkan kedua
masyarakat.  Sekjen PBB membikin prakarsa untuk
menyatukan kedua masyarakat, tapi belum berhasil
sampai sekarang.  Cyprus ingin masuk UE, tapi EU
mensyaratkan agar Cyprus bersatu dulu, lagi-lagi gagal
karena Rauf Denktash, "presiden" TRNC ogah.

Rujukan kepustakaan mengenai ini cukup banyak.  Yang
paling anyar adalah tulisan di majalah Economist
tanggal 1 Oktober 2004 berjudul "How Terrorism
Trampled Federation".  Juga majalah Euro Business
tanggal 28 September 2004 berjudul "Majority of French
opposed Turkey on EU".  Dan jangan lupa mengunjungi
kantor perwakilan EU di Jakarta, pasti mereka membantu
Anda dengan baik.

Nah, selamat berskripsi ria.

Salam,
RM