--- A Nizami <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
> harga murah, kemudian mengimpor kembali dalam bentuk
> BBM dengan harga yang lebih mahal, itu adalah
> tindakan yang bodoh. Bukankah lebih baik kita
> mengekspor dalam bentuk BBM? Toh Indonesia sudah
> bisa membangun dan mengoperasikan kilang minyak.
>
> Disinyalir BBM yang ada di Indonesia yang harganya
> murah diselundupkan ke Singapura untuk kemudian
> dijual kembali ke Indonesia dengan harga
> Internasional.
>
> Oleh karena itu, impor BBM dari Singapura sebesar Rp
> 20 trilyun setiap tahun sangat mencurigakan.
>
> Mudah2an pemerintah SBY bisa menghentikan hal ini.

Terpaksa buru-buru menjelaskan, sebelum timbul kesalah
pahaman lebih lanjut.  Begini:

1.  Berapa crude (minyak mentah) dan jenisnya apa
saja?  Indonesia hari ini menghasilkan crude 1.02
bbl/d, pada puncaknya dulu 1.5 bbl/d.  Kebanyakan
minyak Minas yang dihasilkan Caltex di Riau, yang
berkwalitas baik (artinya sedikit belerang, sedikit
lilin) tapi mahal, dan ini disukai di Jepang dan
pantai barat Amerika karenanya di eksport kesana,
menghasilkan deviza.

2.  Selebihnya dikonsumsi sendiri, karena di Indonesia
kita belum memikirkan minyak yang beroktan tinggi dan
kurang berpolusi.  Kekurangannya kita import dari
Kuwait, yang memang murah.  Sebagian kita suling di
Cilacap, di Pangkalan Brandan dan di Balongan (sering
ngadat, ada cerita tersendiri terkait KKN).  Sisanya
lagi kita import dari kilang Shell di Singapura.

3.  Mengapa kita beli minyak sulingan dari Shell di
Singapura?  Selain refinery sendiri belum mencukupi
kebutuhan dalam negeri, rupanya (hehe) .... harganya
juga lebih rendah dari hasil sulingan dalam negeri.

Begitu dulu komentar cepat-cepatan dari saya.

Salam,
RM

> [...]
> derivatives
>
> 129.6
>
> 280.2
>
> 68.1
>
> 209.4
>
> -47.45
>
> -25.27
>
> Additive for mineral oils
>
> 89.1
>
> 69.4
>
> 87.0
>
> 76.5
>
> -2.36
>
> 10.23
>
> Alcohols, phenols, phenol-alcohols and  their

=== message truncated ===

http://us.click.yahoo.com/L5YrjA/eSIIAA/yQLSAA/BRUplB/TM

Baik, in Commonality & Shared Destiny. www.ppiindia.shyper.com