--- Nurul Khawari <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

 Date: Thu, 21 Oct 2004 08:50:04 -0700 (PDT)
 From: Nurul Khawari <[EMAIL PROTECTED]>
 Subject: Re:  tentang Fitnah kepada Adi Kriting atau
 fitnah kepada yu pon
 To: [EMAIL PROTECTED]
 CC: [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED],
 [EMAIL PROTECTED],
[...]

ada dua email yang ingin saya jawab disini. yaitu
email dari pak halim dan email mira.

tapi sebelumnya saya cc email ini ke banyak pihak yang
sejak semua di cc oleh kawan kawan agar tidak
mengalami keterputusan. meskipun saya menyadari, tidak
semua temen yang di cc mengikuti perbincangan ini.

temen temen, sesungguhnya inti persoalan yang sedang
kita bicarakan bukan pada pernyataan sikap yang dibuat
oleh yu pon. tapi lebih penting kita mengejar
persoalan kenapa yu pon sampai cemas, khawatir
sehingga surat pernyataan tersebut dibuat. yang
akibatnya lagi adi kriting merasa dihilangkan hak
haknya atau di fitnah.

jadi menurut saya pernyataan sikap tersebut lahir
karena "suatu hal". dan suatu hal itu sendirilah biang
keroknya.

tentang pernyataan sikap yu pon, pada mulanya yu pon
memang tidak ingin membuat pernyataan tersebut, tapi
entah kenapa ditengah perbincangan ngalor ngidul
menjelang makan siang hari itu tiba tiba yu pon
mengambil kertas dan pena untuk membuat surat
pernyataan. surat pernyataan berisi tentang apa yang
dibicarakan pada waktu itu, yang intinya menolak
kemugkinan kemungkinan akan terjadinya penyelewengan
kepercayaan oleh adi yang telah diberikan yu pon
kepadanya.

karena yu pon kesulitan merekam bahasa lisan yang
terjadi dalam percakapan pada waktu itu, maka saya
membantu menyusun dalam bentuk teks dan yupon
menyetujuinya dengan menyalin dikertas dengan
tulisannya sendiri.

( kecemasan yu pon menurut saya adalah hal yang wajar
karena ia merasa terancam atau lebih sederhananya lagi
difitnah oleh adi kriting)

sesungguhnya yang penting dijawab oleh adi adalah
kenapa yu pon membuat surat tersebut memang karena yu
pon ( menurut pemahaman saya pada waktu itu) sudah
kehilangan kepercayaan kepada adi kriting.

( dalam hal ini saya mensepakati mira, bahwa
"pernyataan sikap" yu pon itu sesungguhnya hasil
evaluasi terhadap kepercayaan yang pernah diberikan ke
adi.)

dalam hal ini bukan saja adi kriting yang mendapatkan
fitnah, tapi yupon sampai tadi siang ketika ia
ketempat saya, ia merasa difitnah adi kriting. yaitu
adi telah menyebarkan isu bahwa yu pon dan wani
anaknya) berebut adi kriting.

meskipun adi mengatakan "tidak" dalam sembilan jawaban
atas pertanyaan pak halim tentang ia mencoba merayu yu
pon dan wani.

saya kira ada yang tidak beres disini. entah yang
tidak jujur yu pon atau adi kriting.

penyebab kedua menculnya pernyataan sikap itu adalah
kekhawatiran yu pon tentang penyalahgunaan kewenangan
oleh adi kriting untuk kepentingan mencari dana,
makanya yu pon membuat pernyataan sikap..dalam banyak
hal saya kira adi belum menjawab dengan tuntas
persoalan persoalan yang sesunggunya terjadi.

misalnya saja, (1)yu pon tidak terima perlakuan adi
terhadap wani melalui sms di HP sehingga hp wani
diminta kembali oleh yu pon, (2)masih menurut yu pon
pula, adi pernah meminta wani untuk memeluk
pinggangnya ketika pulang dari goa maria, (3)adi
mengadu domba antara keluarga wiji thukul dan keluarga
yu pon. dan masih banyak hal yang harus dijawab oleh
adi. ( semua informasi dalam alenia ini dari yu pon)

menurutku banyak hal yang harus dijawab oleh adi atas
kasus yang berkembang diam diam tanpa ada penangana
yang baik, entah itu dari adi sendiri ataupun dari yu
pon...

sangat kebetulan sebenarnya saya telah mendegar cerita
cerita miring ini dari keluhan keluhan yu pon atas
beberapa sikap adi, sampai adi pernah menyatakan ke yu
pon bahwa sebenarnya thukul sesungguhnya masih ada dan
disembunyikan jaringan katholik, atau adi pernah
mengatakan pada yu pon, bahwa beberapa orang yang
namanya tercantum di perbincangan ini ikut tersangkut
dan harus bertanggung jawab atas hilangnya
thukul...endapan endapan pertanyaan di dalam pikiran
yu pon inilah yang akhirnya memunculkan pertanyaan yu
pon, "siapa sebenarnya adi kriting itu..."

seperti kasus yang pernah adi ceritakan kepada saya
tentang otto yang ada masalah dengan hestin
(koordinator atma-advokasi dan tranformasi masyarakat)
dan lain sebagainya.

menurutku, adi harus menjelaskan banyak hal kepada yu
pon tentunya agar semua bisa jelas dan yu pon terbebas
dari kekhawatiran..

semua persoalan ini tidak akan selesai bila adi dan yu
pon tidak bertemu dan saling megklarifikasi tentang
banyak hal. bahkan perbincangan didunia maya ini tidak
akan menyelesaikan juga.

gagasan pak halim agar adi kriting bertemu dengan yu
pon adalah usul yang menarik, saya juga telah mengirim
sms ke yu pon dan adi untuk bertemu di rumah pak
halim, dan mereka telah mensepakati mereka akan ketemu
besok ( pak halim juga telah mengontak mereka berdua).

dengan rasa hormat juga yu pon membuka kesempatan
untuk temen temen lain yang memungkinkan datang di
tempat pak halim..undangan ini ditujukan ketemen temen
yang mengikuti perbincangan ini.

( ditempat saya, yu pon telah membaca hampir semua
email dalam perbincangan ini)

ok temen temen..

nk

nambah lagi :

maaf sekali, kronologis belum tak berikan, tadi pagi
saya dan ciu sempat membicarakan kronologis lahirnya
statemen tersebut dan baru bisa saya berikan besok.
karena yang ada dalam perbincangan sehingga yu pon
membuat pernyataan sikap tersebut adalah HL dan
istrinya, saya (nurul khawari), ciu cahyono, sujud
kabisad, dan tentu saja yu pon sendiri.

begitukan ciu...heheheh

---------------------------
surat dari pak halim :

nurul,
saya kira ada baiknya anda membeberkan kronologi
pembuatan pernyataan itu. sebab, sipon sendiri,
setelah membuat pernyataan itu, nampaknya menyesal. en
penyesalan ini diulang kembali kemaren malam, seperti
yang saya sampaikan kepada anda. tengkyu, yuuk:
halim hd.

--- Mira Wijaya Kusuma <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
>
> Terimakasih atas penguraian klarifikasinya.
>
> setelah aku membacanya, kok semakin bingung aja nih
> bahwasanya inti dari tujuan kesepakatan "pernyataan
> Mbak Pon" menjadi kehilangan maknanya dan terpecah
> belah serta menghasilkan persoalan yang semakin
> komplikasi serta melemahkan tujuan mendukung
> pencarian
> Hilangnya Wiji Thukul serta ingin melindungi
> keluarga
> Wiji Thukul. Sehingga masing-masing tidak tau lagi
> untuk mengerti dan memahami akar persoalannya apa?
> Dengan begitu yang muncul hanyalah saling menuduh!

=====
: nurul khawari.

rumah baca  'bumimanusia'  Jl. Ki Hajar Dewantara Blok
D 10 Pedaringan.

phone +6281.2259.7370.

http://us.click.yahoo.com/J8kdrA/y20IAA/yQLSAA/BRUplB/TM

Baik, in Commonality & Shared Destiny. www.ppi-india.uni.cc